lipi-latih-pelaku-usaha-kopi-di-rl-2REJANG LEBONG, PB – Sesuai jadwal, LIPI pengembangan Teknologi Tepat Guna (TTG), Selasa (8/11/2016) mulai memberikan pelatihan kepada 4 kelompok usaha pembuatan bubuk kopi yang berada di kecamatan Sindang Beliti Ulu (SBU) dan Sindang Beliti Ilir (SBI).

Rencananya, petugas memberikan pelatihan mulai dari pemilihan biji kopi kualitas yang baik hingga pembuatan bubuk kopi menggunakan teknologi tepat guna.

“Pelatihan akan berlangsung hingga 11 November nanti,” ujar Kepala Bappeda Rejang Lebong, Ir Zulkarnain MT.

Dijelaskan Zulkarnain, kegiatan yang dilaksanakan atas dasar kerjasama antara Bappeda Rejang Lebong dan LIPI Subang Jawa barat ini di ikuti oleh empat kelompok usaha kopi bubuk yang berasal dari Desa Karang Pinang, Desa Tanjung Heran, Desa Balai Butar dan Desa Lubuk Belimbing 1.

“Petugas mendatangi lokasi usaha secara satu persatu. Lalu memberikan pembinaan kepada pekerja serta pelaku usaha,” ujar Zulkarnain.

Diharapkan Zulkarnain, dengan adanya pelatihan ini, tujuan pengembangan usaha kecil menjadi menengah dan usaha menengah menjadi skala besar akan tercapai.

“Semoga kopi bubuk hasil binaan LIPI ini dapat menjadi produk unggulan di Indonesia dan menjadi ikon Rejang Lebong bagi daerah luar,” ujar Zulkarnain. [Ifan]