15300713_1753136051674973_463052807_nBENGKULU, PB – Bursa Efek Indonesia (BEI) resmi membuka kantor cabang di Bengkulu. Direktur pengembangan BEI, Nicky Hogan mengatakan kantor BEI Bengkulu merupakan cabang ke 28.

“Dengan adanya kantor perwakilan BEI ini masyarakat dan investor bisa memiliki saham perusahaan yang tercatat di BEI, artinya bisa berinvestasi dengan mudah,’ kata Nicky,disela-sela peresmian perwakilan, Rabu (30/11).

Menurutnya keuntungan adanya kantor perwakilan BEI di Bengkulu adalah masyarakat juga dapat belajar berinvestasi yang langsung bisa diaplikasikan. Sementara dari sisi perusahaan dan pelaku usaha, dapat memanfaatkan fasilitas pasar modal bukan hanya untuk mendapatkan permodalan, tetapi juga obligasi.

“Keuntungan paling utama, masyarakat dapat belajar agar tidak mudah terkena bujuk rayu oleh investasi bodong,” katanya.

Selain untuk meningkatkan literasi keuangan dan investasi, Nicky berharap kehadiran BEI adalah memberikan edukasi kepada masyarakat.

Pemberian edukasi ini juga melibatkan seluruh kampus di Indonesia. “Untuk mahasiswa sudah ada 230 kampus yang dilibatkan. Di Bengkulu kita bekerja sama dengan universitas Bengkulu,” katanya.

Semnetara itu Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan daerah merupakan sasaran potensial investasi bodong dengan modus iming-iming pemberian hadiah.

Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK RI, Rahmat Waluyanto mengatakan masyarakat di daerah itu memiliki uang atau harta yang banyak, tidak tahu tempat berinvestasi dan mereka mau cepat kaya. “Kesempatan ini menjadikan masyarakat mudah terjebak dalam investasi bodong,” pungkasnya. [MS]