15493908_1762141637441081_718231435_nBENGKULU, PB – Program Doktor Ilmu manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bengkulu menggelar stadium general dan syukuran yang bertempat di salah satu hotel di kota Bengkulu pada Selasa (13/12).

Acara yang menghadirkan Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti sebagai keynote speaker ini, dihadiri oleh Rektor Universitas Bengkulu, Rektor Unihaz, Kepala Bank Bengkulu, kepala OJK dan diikuti oleh seluruh pengelola, dosen dan mahasiswa Doktor Ilmu Manajemen.

“Disamping menghaturkan apresiasi, saya atas nama Gubernur Bengkulu bangga akan predikat Akreditasi B. Insyaallah akan mendapat akreditasi A dan menjadi simbol pusat pendidikan Doktor Ilmu Manajemen di Sumatera” kata gubernur dalam sambutannya.

Menurut Ridwan Mukti, program Doktor Ilmu Manajemen ini sejalan dengan upaya pemerintah memajukan Provinsi Bengkulu. Fokus utama pemerintah Bengkulu saat ini adalah mengentaskan kemiskinan dan ketertinggalan.

Permasalahan kemiskinan di Provinsi Bengkulu bukan karena pengangguran, namun karena lemahnya infrastruktur dasar. Tidak adanya infrastruktur dasar menghambat pertumbuhan ekonomi masyarakat, sehingga sektor swasta belum berkembang dibanding dengan birokrasi.

Lanjut gubernur, dirinya telah menghadap presiden untuk mendapatkan alokasi dana bantuan kredit lunak tanpa agunan, dengan syarat para calon interpreneur harus memiliki sertifikat dengan mengikuti workshop yang diselenggarakan pihak perguruan tinggi.

Ketua program Doktor Ilmu Manajemen (DIM) Universitas Bengkulu Prof. Dr Kamaludin menjelaskan, program Doktor Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis merupakan program Doktor Ilmu Ekonomi pertama di Sumatera yang bersifat mandiri dan baru berusia tiga tahun.

Saat ini sebanyak 72 orang yang berasal dari Provinsi Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Sumatera Barat, Batam dan Kepulauan Riau tercatat sebagai mahasiswa dari empat angkatan, dan telah meluluskan 5 orang doktor.

Ditambahkan Kamaludin, mulai tahun 2017 program doktor akan bergerak ke level Nasional dan tahun selanjutnya akan ke Asean sesuai visi Unib Word Class University. Program DIM juga akan membantu gubernur sebagai mitra strategis dalam percepatan pembangunan di Bengkulu. [MS]