Silaturahmi ke Desa Simpang Kota Bingin (3)KEPAHIANG, PB – Senator Muda Indonesia asal Provinsi Bengkulu Riri Damayanti John Latief mengunjungi Desa Simpang Kota Bingin Kabupaten Kepahiang, belum lama ini.

Disitu, ia berdialog dan berdiskusi dengan Kepala Desa Simpang Kota Bingin Rudia Iskandar dan perangkat pemerintahan, tokoh masyarakat/agama/adat.

“Bangga melihat desa-desa yang ada di Bengkulu sudah mulai membangun dan berkembang. Program Dana Desa sangat membantu desa dalam mengelola dana untuk membangun daerah sesuai kebutuhan dan kondisi setempat,” kata Riri mengawali diskusinya dengan memaparkan tentang program Dana Desa.

Riri menjelaskan, Dana Desa mampu menghidupkan keguyuban dan semangat gotong royong masyarakat. Sebab, program itu diawali dengan musyawarah bersama, menentukan program yang dibutuhkan desa, lalu mengelola dana yang ada, masyarakat dilatih untuk membuat laporan yang dapat dipertanggungjawabkan.

“Semoga program pemerintah membangun Indonesia dari pinggiran dapat berjalan sesuai dengan cita-cita ketika Republik ini didirikan. Namun perlu juga waspada, dana yang begitu besar jangan sampai disalahgunakan. Pertanggungjawaban bukan hanya ke negara, tapi juga di akhirat. InsyaAllah masyarakat sudah semakin cerdas dalam mengontrol program ini di masing-masing daerahnya,” urainya.

Saat dialog berlangsung, masyarakat berharap adanya bantuan motor roda tiga pengangkut sampah, pengetahuan dan pembelajaran mengenai sektor pertanian, serta minimnya sarana listrik.

“Kami akan menyampaikan semua aspirasi itu kepada pemerintah daerah, juga kementerian terkait. Tapi masyarakat juga harus sama-sama berjuang, berusaha dan bekerjasama. Masyarakat dapat mengajukan proposal. Selama persyaratannya lengkap dan benar, kami optimis kebutuhan-kebutuhan itu dapat diakomodir,” demikian Riri. [AM]

Silaturahmi ke Desa Simpang Kota Bingin (2) Silaturahmi ke Desa Simpang Kota Bingin (4)