BENGKULU SELATAN, PB – “Mari Jadikan Peringatan HUT ke 68 Kabupaten Bengkulu Selatan sebagai Momentum Peningkatan Kualitas SDM yang Bertaqwa dan Berdaya Saing, Infrastruktur yang Berkualitas, Pelayanan Publik yang Bermutu Menuju Bengkulu Selatan Elok, Maju, Aman dan Sejahtera (EMAS)”.

Itulah tema peringatan dan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Bengkulu Selatan yang ke 68 yang jatuh pada tanggal 3 Februari 2017 kemarin.

Tahukah anda? Dibalik kesuksesan acara HUT Kabupaten Bengkulu Selatan ternyata tidak sedikit peran serta berbagai elemen masyarakat dan berbagai instansi. Baik instansi pemerintah maupun swasta.

Diantara instansi pemerintah yang memiliki peran serta besar dan menonjol dan menyukseskan acara HUT Kabupaten Bengkulu Selatan adalah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Bengkulu Selatan.

Pada HUT Kabupaten Bengkulu Selatan kali ini, Dikbud dipercaya penuh sebagai penanggung jawab acara Hiburan Rakyat serta Pentas Seni dan Budaya.

Dijelaskan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkulu Selatan Novianto SSos MSi didampingi Sekretaris Dinas Amir Syofian MPd, kegiatan hiburan rakyat yang mengambil tempat di panggung utama Lapangan Sekundang itu berlangsung selama tiga malam berturut-turut. Mulai Minggu Malam (5/3/2017) hingga Selasa malam (7/3/2017).

“Untuk pentas seni ini, kita melibatkan sekolah yang ada di Bengkulu Selatan. Mulai dari SD hingga SLTA. Panggung ini menjadi ajang bagi pelajar di Bengkulu Selatan untuk berkreasi. Ada yang menampilkan tari kreasi dan adat, ada yang menampilkan lagu daerah, puisi, drama dan lainnya. Alhamdulillah selama tiga malam itu antusiasme masyarakat begitu tinggi untuk datang dan melihat hiburan dan pentas seni ini,” ujar Novianto.

Di samping itu, untuk melestarikan seni budaya daerah Bengkulu Selatan, peringatan HUT Kabupaten kali ini juga dilaksanakan lomba seni dendang. Yang mana, seni dendang merupakan bagian dari seni daerah kabupaten Bengkulu Selatan. Seni dendang biasa digunakan pada acara pernikahan, sunat rasul ataupun aqikah.

“Lomba seni dendang atau bedindang ini merupakan upaya dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk melestarikan seni dan budaya daerah Bengkulu Selatan. Kalau bukan kita yang mencintai dan melestarikannya, siapa lagi. Ini yang terus kita masyarakatkan,” terang Novianto.

Tak kalah meriahnya, pada malam penutupan hiburan rakyat dan pentas seni, Selasa malam (7/3/2017). Meski cuaca gerimis, namun penonton dan peserta tetap bersemangat mengikuti jalannya acara.

Bahkan Bupati Bengkulu Selatan Dirwan Mahmud beserta Isteri, Wakil Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi beserta isteri, Kajari Rohayatie, Dandim, Plt Sekretaris Daerah dan pejabat lainnya turut hadir di tengah-tengah arena acara.

Kemeriahan semakin terlihat dengan pemandangan kembang api yang menghujani Lapangan Sekundang. Dan penonton pun semakin terhibur dengan dua buah lagu daerah Bengkulu Selatan yakni berjudul Bekatak Kurak Kariak serat Sekundang Setungguan yang dinyanyikan oleh Bupati beserta isteri, Wakil Bupati beserta isteri, Kajari, Dandim, Plt Sekda dan Kepala Dinas Dikbud Novianto secara bersama-sama.

Selain itu, pelajar SDN 2 Bengkulu Selatan menampilkan tarian kreasinya, lagu Manna Baghi dari murid SD Muhammadiyah BS, serta tari Lenggang Bidadari dari SD Jeranglah dan tari Lenggang Serawai yang ditampilkan murid SDN 1 BS.

Sementara itu, Bupati Bengkulu Selatan Dirwan Mahmud dalam sambutannya mengapresiasi semangat para pelajar untuk berkreasi. Dirinya juga berpesan bahwa dalam HUT ke 68 ini agar para pelajar, PNS dan masyarakat dapat memberikan manfaat bagin kemajuan Bengkulu Selatan.

“Sudah tiga malam berturut-turut pentas seni ini. Saya lihat, inovasi pelajar-pelajar SD, SMP ataupun SMA Bengkulu Selatan ini luar biasa. Ini luar biasa bagi saya. Kepada anak-anak dan pelajara saya pesan teruslah untuk berinovasi dan menggali potensi diri untuk berkreasi. Kepada panitia, saya ucapkan terimakasih,” ujar Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Dikbud BS Novianto juga menyampaikan terimakasih kepada jajaran Dinas Dikbud, kepanitiaan, Pelajar, guru dan Kepala Sekolah SD hingga SMA di Bengkulu Selatan yang telah bersusah payah dan bekerja keras menyukseskan rangkaian acara HUT Kabupaten BS ke 68 tahun 2017 ini.

“Suksesnya acara ini tidak terlepas dari peran serta aktif dan kerja keras panitia. Saya haturkan terimakasih yang mendalam. Kepada masyarakat dan segenap pemerintah daerah kami ucapkan permohonan maaf atas segala kekurangannya. Untuk sementara, ini yang baru bisa kami berikan,” demikian Novianto. (Apdian Utama/Bis)