Tapi Harus Waspada Bencana

BENGKULU, PB – Menindaklanjuti nota kesepahaman bersama antara Pemerintah Provinsi Bengkulu; Universitas Gadjah Mada dan Universitas Bengkulu tahun 2015 tentang pendidikan, Penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, hari ini Tim dari GNS (General Nuclear Science) New Zealand bekerjasama dengan BPBD Kota Bengkulu dan Tim dari UGM mengadakan pertemuan dengan Walikota Bengkulu H. Helmi Hasan di Aula Balai Kota Bengkulu, Rabu (22/3/2017).

Dr. Wahyu Wilopo Tim dari UGM mengatakan, bentuk kegiatan ini merupakan penguatan kapasitas dari pemerintah daerah melalui beberapa kegiatan, antara lain adalah penyusunan aksi rencana kegiatan-kegiatan, dan kemudian dilakukan training tentang penguatan bangunan tahan gempa, kajian resiko, kajian ancaman bahaya dan sebagainya.

“Setiap tahun kita melakukan training dan pada prinsipnya kita siap untuk diundang, misalanya kita akan melakukan training bangunan tahan gempa atau training peningkatan kapasitas, itu pada prinsipnya dari tim UGM New Zealand atau UNIB siap membantu,” kata Wahyu.

Sementara itu salah seorang Tim dari GNS New Zealand Phil Glassey mengatakan Kota Bengkulu terlahir dari daerah gempa, tsunami, banjir dan longsor. Menurutnya, Kota Bengkulu adalah Kota yang bagus untuk di kunjungi walaupun ada sisi bahaya yang siap melanda.

Bengkulu City has born to some earthquaqe, tsunami, flooding, some landslide. Its some nice city to come too,” ungkap Phil Glassey.

Walikota Bengkulu H. Helmi Hasan, memberi apresiasi terhadap Mr. Phil Glassey beserta Tim GNS yang telah sanggup menempuh jarak yang cukup jauh dari New Zealand ke Kota Bengkulu untuk berbagi ilmu kepada masyarakat Kota Bengkulu dan sanggup meninggalkan keluarga, anak ,istri, untuk kepentingan orang banyak.

“Mereka datang dengan sendirinya, dengan hati nurani mereka, untuk kebaikan kita semua, kita berbeda negara, kita berbeda agama, kita berbeda warna kulit, tetapi kita di lahirkan dan hidup di bumi yang sama, di langit yang sama”

Helmi mengatakan, kegiatan seperti ini menimbulkan rasa persaudaraan tanpa mengedepankan perbedaan.

“InshaAllah saya akan berkunjung juga ke New Zealand untuk membalas kebaikan mereka ini,” ungkap Helmi.

Di akhir pertemuan, Walikota Bengkulu H. Helmi Hasan memberikan cincin yang dipakainya kepada Mr. Phil Glassey sebagai bentuk rasa persaudaraan dan begitu juga dengan Glassey memberi obat pelega tenggorokan untuk Helmi. [Rilis/Media Center Kominfo Kota Bengkulu]