Setelah lelah menjalani rutinitas harian, tentu akhir pekan adalah waktu yang paling ditunggu oleh setiap orang. Banyak cara untuk menghabiskan waktu di akhir pekan, di antaranya dengan sekadar bersantai ataupun jalan-jalan bersama keluarga. Ingin waktu akhir pekan semakin bermanfaat?

Benteng Marlborough adalah pilihannya benteng ini termasuk salah satu objek wisata andalan kota Bengkulu. Berkunjung ke objek wisata sambil belajar sejarah dengan ditemani pemandangan alam yang menyejukkan mata dan pikiran adalah pilihan yang tepat untuk menghabiskan akhir pekan.

Benteng Marlborough adalah benteng peninggalan Inggris di kota Bengkulu yang didirikan di atas bukit buatan. Benteng Marlborough terletak di pusat kota Bengkulu tepatnya Jalan Jendral Ahmad Yani.

Jika kita ingin berkunjung ke objek wisata ini, kita hanya membayar tiket masuk perorangnya Rp.5000.

Menariknya konstruksi bangunan benteng marlborough ini sangat kental dengan corak arsitektur Inggris abad 20-an yang megah. Ditambah lagi benteng ini mempunyai bentuk yang menyerupai penampang tubuh ‘kura-kura’ yang mengesankan kekuatan.

Dari berbagai peninggalan masa kepemimpinan Inggris dan Belanda yang masih terdapat di dalam bangunan benteng dapat pula diketahui bahwa pada masanya bangunan ini juga berfungsi sebagai pusat kegiatan termasuk perkantoran, bahkan penjara.

Peninggalan seperti bazoka/meriam, penjara bawah tanah, jembatan di depan pintu masuk benteng masih tetap terjaga sampai sekarang. Hal tersebut mememberikan pengetahuan dan imajinasi tentang bagaimana keadaan benteng pada masa lampau.

Ditambah lagi keseruan saat berada di atas benteng Marlborough ini, kita dapat menikmati indahnya paparan laut biru yaitu Tapak Padri dan pantai Zakat.

Greta Anggilia, Siswi SMKN 2 Arga Makmur