MUKOMUKO, PB – Bupati Mukomuko Choirul Huda menggelar peringatan Hari Buruh Sedunia atau sering disebut May Day di Halaman Kantor Bupati Mukomuko, Senin (1/5/2017).

Peringatan Hari Buruh Sedunia itu diperingati dengan cara senam massal. Ikut serta Ketua DPRD, Sekda, Ketua Bhayangkari, perwakilan Kejari, jajaran Pemkab Mukomuko dan massa buruh dari beberapa perusahaan yang ada di Mukomuko.

Massa itu berasal dari PT SSJA, PT ALNO, PT SIPEF, PT Agromuko, PT SSS, dan PT SAP. Jumlah massa yang turun pada peringatan Hari Buruh Sedunia ini sekira 400 orang.

Disisi lain, Serikat Pekerja Aneka Industri (SPAI) Mukomuko pada peringatan May Day ini menggelar aksi long march sepanjang 1,5 kilometer. Mereka mayoritas merupakan buruh PT Daria Darma Pratama (DDP) yang dipimpin oleh Ruslan EF.

Tak kalah dengan massa Bupati Choirul Huda, jumlah massa yang hadir dalam kegiatan ini juga mencapai 400 orang. Selama aksi berlangsung, kepolisian berjaga-jaga di sekitar massa aksi. Lalu lintas yang dilintasi massa aksi tetap lancar, aman dan terkendali.

Mereka mengusung pamflet, poster, bendera dengan tuntutan tolak Revisi UU No.13/2003, cabut PP 78/2015, tolak Tenaga Kerja Asing (TKA) ilegal, tolak upah murah, hapus sistem kerja kontrak dan pemagangan, turunkan harga kebutuhan pokok dan tegakkan kemandirian energi. [DM]