BENGKULU, PB – Pada hari kedua dan ketiga lebaran ribuan masyaraka Bengkulu mendatangi sejumlah objek wisata. Salah satu yang ramai dikunjungi adalah Pantai Panjang. Umumnya masyarakat datang bersama dengan keluarga untuk menikmati libur panjang Hari Raya idul Fitri 1438 Hijriah.

Dari hasil pantuan, di sejumlah lokasi objek wisata di Bengkulu pada, Selasa (27/6), terlihat meski cuaca di daerah ini mendung, akan turun hujan lebat, tapi warga dari berbagai kota di Bengkulu tetap mendatangi objek wisata Pantai Panjang dan Pantai Jakat untuk menikmati libur panjang lebaran.

Warga dari luar kota datang ke Bengkulu, untuk bersantai di sejumlah lokasi objek wisata yang ada di daerah ini, terjadi setelah hari kedua, Senin (26/6) hingga lebaran kedua, Selasa (27/6) ini.

Pada hari pertama setelah Lebaran diperkirakan jumlah warga yang mengunjung sejumlah lokasi objek wisata yang ada di Kota Bengkulu, sekitar 7.000 orang lebih. Pengunjung terbanyak di Pantai Panjang dan Pantai Jakat sekitar 4.000 orang.

Hal ini menyebabkan Pantai Panjang dan Pantai Jakat, pada hari pertama setelah Lebaran benar-benar ramai dibanding hari biasanya. Mayoritas pengunjung yang datang ke dua lokasi pantai ini berasal dari luar Kota Bengkulu.

Pada hari kedua setelah Lebaran diperkirakan pengunjung akan lebih ramai lagi, karena warga dari luar kota datang ke Bengkulu, akan lebih banyak lagi dari hari sebelumnya.

Untuk mengantisipasi kemacetan arus kendaraan di lokasi objek wisata ini, Polres Bengkulu memberlakukan jalur satu arah. Sebab, jika tetap menggunakan jalur berlawanan arah dipastikan akan terjadi kemacetan panjang.

“Mulai Senin (26/6), arus lalu lintas masuk ke pantai panjang dan pantai jakat diberlakukan satu arah agar tidak terjadi kemacetan panjang. Sebab, dipastikan kendaraan yang masuk ke kawasan ini pada hari kedua lebaran akan padat,” kata Kapolres Bengkulu, AKBP Ady Savart, di Bengkulu, Selasa (27/6).

Ia mengimbau bagi warga yang datang dari luar kota sebaiknya tidak bermain mandi di pantai yang dipasang tanda dilarang mandi. Sebab, di daerah tersebut rawan dan ombak besar.

“Kami mengimbau orang tua harus menjaga anaknya agar tidak main mandi disembarang tempat di Pantai Bengkulu. Kita takut anak-anak tengah mandi digulung ombak besar dan hilang. Karena itu, kita minta sebaiknya anak-anak tidak usah mandi dipantai,” ujarnya.

Polres Bengkulu telah menerjunkan sejumlah personel polisi untuk memberikan pengamanan kepada para pengunjung ke lokasi objek wisata Pantai Panjang dan Pantai Jakat pada libur Lebaran ini.

Hal ini dilakukan agar warga yang sedang bersantai bersama keluarga menikmati libur panjang lebaran dapat berjalan lancar dan aman, katanya. [AM]