Published On: Rab, Jun 14th, 2017

Studi Terbaru Ungkap Manfaat Sujud bagi Punggung dan Sendi

Dalam satu hari, sebanyak 1,6 miliar umat muslim di dunia melakukan shalat. Menghadap ke arah kota suci Mekkah, Arab Saudi, mereka membungkuk, berlutut, dan meletakkan dahi ke tanah.

Namun, tahukah Anda bahwa di samping melaksanakan perintah Allah, postur dan gerakan ini ternyata juga memiliki manfaat baik untuk punggung dan sendi?

Sebagai dikutip dari laman Kompas.com, menurut riset dari Binghamton University, New York, gerakan sujud yang dilakukan secara tepat dan reguler tidak hanya mengurangi tekanan fisik dan kegelisahan, tetapi juga dapat digunakan sebagai terapi klinis bagi individu dengan sakit punggung bawah.

“Gampangnya, Anda bisa berpikir bahwa gerakan ini mirip dengan latihan intervensi terapi fisik atau yoga yang digunakan untuk merawat sakit punggung bawah,” kata Mohammad Khasawneh, penulis studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Industrial and System Engineering tersebut.

Untuk menyelidiki manfaat kesehatan sujud, Khasawneh dan koleganya menganalisa statistik berdasarkan gerakan shalat dari model orang India, Asia, dan Amerika digital yang sehat. Mereka lalu membandingkannya dengan model digital yang memiliki sakit punggung bawah.

Meski bagian membungkuk ditemukan paling sulit dilakukan oleh punggung bawah, ternyata penggunaan punggung dan lutut yang baik dapat mengurangi rasa sakit bagi individu dengan sakit punggung bawah.

Khasawneh lalu menambahkan, sujud juga meningkatkan elastisitas persendian sehingga individu dengan penyakit punggung juga direkomendasikan untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan postur berlutut ini.

Namun, kunci dari rekomendasi ini adalah postur sujud yang tepat. Jika sudut dan gerakan sujud Anda salah, maka rasa sakit pada punggung malah akan meningkat.

Untuk ke depannya, para peneliti berencana untuk menvalidasi penemuan mereka dengan eksperimen fisik. Menggunakan sensor dan kamera, para peneliti akan memperkirakan tekanan yang terjadi pada masing-masing bagian tubuh selama bersujud. (**)

6 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Like

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>