Published On: Kam, Agu 10th, 2017

18.197 Jemaah Haji Indonesia Sudah Berada di Mekkah

JAKARTA, PB – Sebanyak 46 kelompok terbang atau kloter pertama jemaah calon haji Indonesia sudah berada di Mekah, Arab Saudi.

Data Sistem Komputerisasi dan Ingormasi Haji Terpadu (Siskohat) Panitia Penyelanggara Ibadah Gaji (PPIH) Daerah Kerja Mekah mencatat, jemaah haji yang diberangkatkan dari Madinah berjumlah 18.197 orang.

“Itu data yang masuk sementara terhitung pukul 07.30 Waktu Arab Saudi sejak kedatangan pertama Minggu, 6 Agustus lalu,” kata Petugas Pelaksana Siskohat Erik Suryaman Suryana di Mekah, Arab Saudi, Rabu (9/8/2017).

Erik menjelaskan, gelombang jemaah haji kloter pertama akan terus berdatangan di Mekkah dari Madinah. Belasan ribu jemaah haji Indoensia ini diangkut menggunakan 152 bus dari Madinah.

Mereka sebelumnya berada di Madinah selama delapan hari, menjalankan ibadah sunah Arbain, yakni salat empat puluh waktu di Masjid Nabawi tanpa tertinggal takbiratul ihram.

Dengan kedatangan jemaah haji Indonesia ke Mekah, juga membuat suasana di Masjidil Haram semakin padat, karena berasamaan dengan datangnya jemaah haji dari berbagai negara.

Untuk itu, jemaah haji Indonesia diimbau selalu waspada selama berada di Mekah, agar tidak terjadi hal-hal tang tidak diinginkan. [AM]

58 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

iklan khusus