Published On: Ming, Agu 6th, 2017

Bukan Mainan Mahal, Ini yang Dibutuhkan Anak dari Orangtuanya

Mainan mahal yang bisa menyala dan bergerak-gerak bukan hal pertama yang diinginkan anak-anak. Yang mereka butuhkan bahkan tak memerlukan uang tapi mungkin yang paling sulit Anda penuhi: waktu.

Dilansir Kompas.com, menghabiskan waktu berkualitas dengan orangtua adalah satu kesamaan yang dimiliki anak-anak bahagia.

Secara ilmiah juga telah dibuktikan bahwa anak-anak cenderung lebih bahagia dan puas dengan hidupnya saat mereka bisa berinteraksi dengan orangtuanya. Ini berarti Anda berbicara, mendengarkan, dan memperhatikan dengan antusias saat mereka menunjukkan “kemampuan barunya” yang telah diulangi 10 kali.

Sayangnya, karena waktu tak bisa dibeli dengan uang, kita justru sering kehilangannya. Di antara jam kerja yang panjang, kemacetan yang tak pernah usai, dan semua distraksi digital, apa yang seharusnya paling mudah diberikan ke anak, saat ini menjadi hal yang paling mahal.

Berikut adalah beberapa tips agar Anda bisa meluangkan waktu berkualitas dengan buah hati.

– Keluar dari zona nyaman
Saat kita berada di rumah, kita lebih mudah teralihkan oleh berbagai urusan. Luangkan waktu secara rutin untuk keluar dari rumah bersama anak-anak dan berkomunikasi mendalam dengan mereka. Misalnya ke taman di kompleks. Syaratnya, tak perlu membawa gadget.

– Libatkan anak
Ajak anak terlibat dalam melakukan pekerjaan rumah. Memasak atau menyiapkan daftar belanja memang tampak seperti tugas satu orang, tapi membiarkan anak membantu akan membuat mereka juga belajar. Minta ia melihat di kulkas atau rak makanan bahan-bahan apa yang habis. Atau buat pembagian tugas mengurus rumah dan sesuaikan berat ringannya pekerjaan dengan usia anak.

– Jauhkan gawai
Saat sedang bermain dengan anak, jauhkan gawai dan televisi dari dekat Anda. Jangan biarkan waktu berharga ini terganggu hanya karena Anda tak ingin ketinggalan foto terbaru yang diunggah teman di Instagram.

– Turunkan standar
Anda mungkin kesal melihat ada kerak di meja dapur, tapi urungkan niat Anda membersihkan area dapur jika memang si kecil tampak ingin bermain dengan Anda. Turunkan standar sempurna Anda menjadi “cukup baik” dalam hal kerapihan rumah ketika anak-anak masih kecil bisa membantu mengurangi stres.

– Lakukan di satu ruangan
Walau mungkin si kecil tampak senang bermain sendiri, tetapi tak ada ruginya berada satu ruangan dengan mereka saat Anda melakukan hal lain. Misalnya Anda membaca majalah saat mereka asyik membuat menara Lego.

– Jadwalkan khusus
Anda sering membuat jadwal khusus untuk hal-hal membosankan seperti mengganti oli atau ke membersihkan karang gigi. Lalu, mengapa tak membuat agenda khusus dengan keluarga tanpa ada gangguan? Misalnya saja bermain board games setiap sabtu malam atau sebulan sekali ke museum atau taman kota yang mereka pilih.

Editor: Lusia Kus Anna
Sumber: POP SUGAR

25 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Like

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>