BENGKULU SELATAN, PB – Dengan terbentuknya kepengurusan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Bengkulu Selatan beberapa hari yang lalu, maka bertambah pula organisasi yang mewadahi pemerintah desa yang ada di Bengkulu Selatan.

Sebelumnya sudah ada satu organisasi pemerintah desa yakni Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (P-Apdesi). Apdesi Bengkulu Selatan dibawah kepemimpinan Midian Efendi. Sedangkan P-Apdesi diketuai oleh Jon Sitabran.

Dijelaskan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Bengkulu Selatan (BS), Siswanto, pengurus Apdesi Bengkulu Selatan telah melapor ke Kesbangpol dan menyerahkan struktur kepengurusan dan dokumen legalitas formal organisasi.

“Telah kami lihat di lampiran dokumennya itu, Apdesi ini sudah memiliki SKT dari menteri dalam negeri. Ini beda dengan P-Apdesi. Tentunya, harapan kita semua agar antara Apdesi dan P-Apdesi di Bengkulu Selatan ini bisa harmonis, sinkron dan kompak untuk kemajuan desa dan perangkat desa,” harap Siswanto saat ditemui pedomanbengkulu.com di ruang kerjanya, Rabu (23/8/17).

Sambungnya, setelah berkas dokumen Apdesi dinyatakan lengkap, maka Kesbangpol akan mengeluarkan surat keterangan keberadaan organisasi.

“Kalau ini kan SKT nya sudah ada dari pusat, dari Mendagri, jadi Kesbangpol hanya mengeluarkan surat keterangan keberadaan saja. Masih ada beberapa persyaratan lagi yang belum lengkap yakni alamat sekretariat dan foto papan merk,” tambah Kasubid Organisasi Kemasyarakatan Anas Hanafi. [Apd]