Published On: Sab, Sep 23rd, 2017

Ini Prestasi Luar Biasa Venezuela yang Diabaikan Media Barat

Pemberitaan media-media arus utama di barat, seperti New Yorker, huffingtonpost, New York Post, washington post, Guardian, Deutsche Welle, Fox News, CNN, BBC, Financial Time, dan lain-lain, menggambarkan Venezuela sebagai “negara gagal” alias “failed state”.

Ironisnya, pemberitaan sejumlah media arus utama di Indonesia seringkali merujuk ke media-media tersebut, tanpa mencoba memahami kondisi Venezuela secara utuh dari sumber-sumber media alternatif.

Yang lebih ironis lagi, media-media tersebut terkadang tutup mata terhadap berbagai prestasi luar biasa Venezuela di banyak bidang kehidupan, terutama pendidikan, kesehatan, perumahan, kesetaraan gender, dan lain-lain.

Hari Kamis (14/9/2017), berdikarionline.com berbicara langsung dengan Duta Besar Venezuela untuk Indonesia, Gladys F Urbaneja Duran, di Up in Smoke RDTX Tower Mega Kuningan, Jakarta Selatan.

Pembicaraan itu seputar berbagai prestasi Revolusi Bolivarian sejak era Presiden Hugo Chavez hingga Presiden Nicolas Maduro saat ini.

Berikut ini beberapa prestasi luar biasa Venezuela yang diabaikan oleh media arus utama:

  1. Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) memuji keberhasilan program “zero hunger” Venezuela dalam memerangi kelaparan dan gizi buruk. Sebagai apresiasi atas keberhasilan itu, pada 2014, FAO menamai programnya mengurangi kelaparan di 19 Negara Amerika Latin dan Karibia dengan nama “Hugo Chavez Zero Hunger Program”.
  2. Tahun 2012, Program Pembangunan PBB (UNDP) mengakui keberhasilan Venezuela mencapai target Millenium Development Goals 2000-2015.
  3. Venezuela juga berhasil melampaui target pengurangan kemiskinan MDG,s sebesar 5% dan mengurangi kemiskinan ekstrem hingga 4,4 persen. Tingkat kemiskinan Venezuela termasuk yang paling rendah di Amerika latin dan Karibia.
  4. Berdasarkan World Bank Gini Index Report tahun 2015, Venezuela termasuk negara paling setara secara sosial di kawasan Amerika Latin dan Karibia.
  5. Di tahun 2015, Venezuela ditetapkan oleh UNESCO sebagai negara yang berhasil mencapai target literasi 100 persen.
  6. Pemerintah menggratiskan biaya pendidikan di semua jenjang pendidikan publik, dari Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi. Tidak hanya itu, negara juga menyediakan transportasi gratis untuk pelajar dan mahasiswa.
  7. Venezuela peringkat kelima di dunia dalam peringkat jumlah mahasiswa. Dalam 14 tahun (2010-2014), jumlah mahasiswa di Venezuela meningkat sebesar 294 persen. Peningkatan luar biasa ini terjadi setelah pemerintah Venezuela menghapuskan biaya pendidikan di perguruan tinggi publik/negara. Sementara negara juga memberi beasiswa Sarjana (S1) kepada 30 persen mahasiswa yang menimba ilmu di institusi pendidikan swasta.
  8. Dalam 18 tahun, Venezuela menjalankan 3000 program sosial untuk rakyat miskinnya, yang meliputi kesehatan, pendidikan, layanan dasar, dan keamanan.
  9. Dalam 15 tahun, Venezuela berhasil menurunkan Angka Kematian Balita dari 20,2 per 1000 kelahiran menjadi 12,9 per 1000 kelahiran.
  10. Venezuela menduduki peringkat keempat tingkat terendah gizi buruk (malnutrisi) anak-anak di dunia. Tahun 2013, tingkat malnutrisi anak-anak di Venezuela tinggal 3,4 persen.
  11. Tahun 2017, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui keberhasilan Venezuela sebagai salah satu negara terbaik di dunia dalam pemberian layanan kesehatan dasar. Layanan kesehatan publik sepenuhnya gratis untuk rakyat. Dan 90 persen rakyat Venezuela bisa mengakses layanan kesehatan.
  12. Pemerintah Venezuela menjalan program “Miracle Mission Program” yang berhasil mengoperasi mata 3.642.601 orang di Kuba, Bolivia, Nikaragua, Ekuador, El Salvador, Antiqua dan Barbuda, Grenada, St Lucia, St Vincent dan Grenadines, Dominika dan lain-lain.
  13. Venezuela berhasil meningkatkan jumlah angka penerima uang pensiun sebesar 675 persen, yang juga berdampak pada 3 juta orang berusia di atas 60 tahun. Uang pensiun setara dengan Upah Minimum. Sedangkan para Lansia mendapat kursi roda dan pengobatan gratis.
  14. Di tahun 2016, lebih dari 90 persen pelajar sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, dan perguruan tinggi menerima laptop gratis yang diberinama “Canaimita” sebagai bagian dari program pemerintah untuk literasi teknologi dan informasi.
  15. Pemerintah Venezuela membangun 1,7 juta rumah gratis untuk tunawisma dan kaum miskin. Juga membangun rumah atau tempat tinggal bersubsidi untuk mereka yang berpendapatan menengah ke bawah.
  16. Pemerintah Venezuela meluncurkan program belajar musik klasik gratis 100 persen kepada anak-anak. Lebih dari 2 juta anak-anak terdatar dalam program ini, yang menjauhkan mereka kriminalitas dan narkoba. [Rini Hartono/Berdikari Online]

184 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

iklan khusus