BENGKULU, PB – Kota Bengkulu patut berbangga sebab menjadi satu-satunya kota/kabupaten di Provinsi Bengkulu yang lolos verifikasi penyelenggaraan kabupaten/kota sehat (KKS) tahun 2017.

Kepastian lolos verifikasi tersebut setelah Pemkot Bengkulu menerima surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) beberapa waktu lalu.

“Kami sudah dapat surat dari Kemendagri dan Kementerian Kesehatan bahwa Kota Bengkulu akan diverifikasi tahun 2017, ini dalam rangka penilaian Swasti Saba Wistara,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu Susilawati saat ditemui di Kantornya, belum lama ini.

Sebelumnya, Kota Bengkulu pernah mendapat penghargaan bergengsi bidang kesehatan yakni, Swasti Saba Padapa pada tahun 2014 dan Swasti Saba Wiwerda pada tahun 2015. Khusus tahun 2017 ini, Dinkes bersama dengan tim forum kota sehat akan mempersiapkan diri untuk menyabet penghargaan Swasti Saba Wistara.

“Kita telah menyiapkan langkah bersama dengan forum kota sehat, Camat, Lurah dan SKPD terkait agar tidak hanya lolos verifikasi ini saja, tetapi Kota Bengkulu benar – benar meraih penghargaan Swasti Saba Wistara mengingat penghargaan ini merupakan penghargaan tertinggi setelah Swasti Saba Padapa dan Swasti Saba Wiwerda,” ujarnya.

Terkait sejumlah program di Dinkes Kota, Susilawati menjelaskan sedang fokus menyukseskan program Jemput Sakit Pulang Sehat (JSPS) yang menjadi program unggulan Kota Bengkulu pada bidang kesehatan.

Kemudian ada program menekan penyebaran penyakit-penyakit menular seperti demam berdarah (DBD), TBC dan Malaria dengan menyiapkan petugas kesehatan masyarakat.

“Untuk penyakit menular kita akan lakukan program Sterilisasi satu rumah satu jumantik. Untuk TBC jika ada yang batuk akan didatangi petugas untuk dilakukan skrining namanya suspek sehingga tidak ada lagi yang terdeteksi,” ucapnya.

Selanjutnya, sambung Susilawati, pada peringatan hari kesehatan nasional pada tanggal 12 November kelak, Dinkes Kota akan menggelar tes kebugaran jasmani kepada warga Kota Bengkulu.

“Kita juga akan sukseskan gerakan masyarakat hidup sehat, nanti terpusat di daerah Selebar, akan ada massa seribu masyarakat. Kegiatannya akan disandingkan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional di Kota Bengkulu,” ujarnya. [AM]

Foto Sofian Rafflesia