BENGKULU, PB – Penyerahan berkas partai politik seyogyanya ditutup Senin malam, pukul 24.00. Namun hingga pada waktu yang telah ditetapkan tersebut hanya ada 15 partai politik yang telah menyerahkan berkas administrasi secara lengkap ke KPU Kota Bengkulu.

Ke-15 partai tersebut adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI), PBB, PKPI, PKB, Hanura, Nasdem, PDI Perjuangan, Perindo, Gerindra, PKS, PPP, Golkar, Berkarya, PAN, dan Partai Garuda. Sementara dari data KPU, ada 19 partai yang harusnya menyerahkan berkas.

Disampaikan oleh Komisioner KPU Kota Bengkulu Deby Harianto, 4 partai yang belum lengkapi berkas adalah Partai Rakyat, Republik, Idaman, dan Demokrat. Namun, KPU masih menunggu kelengkapan data administratif parpol-parpol tersebut hingga Pukul 24.00 WIB malam ini.

“Kita masih menunggu perbaikan berkas salinan keanggotaan partai yang belum lengkap ini hingga jam 12 malam ini,” katanya, Selasa (17/10/2018).

Untuk diketahui, KPU RI telah mengeluarkan SE KPU Nomor 585/PL.01.1-SD/03/KPU/X/2017 tentang Pendaftaran Akhir Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2019. Isi edaran tersebut adalah pendaftaran partai diperpanjang 1×24 jam.

“Artinya masih ada kesempatan bagi partai mendaftar dan melengkapi berkas bagi partai yang belum bisa melengkapi berkas,” jelasnya.

Untuk diketahui, syarat pendaftaran partai peserta pemilu 2019 itu adalah pelampiran Kartu Tanda Anggota (KTA) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) kader partai yang bersangkutan. Untuk di Kota Bengkulu sendiri, syarat yang harus dilampirkan minimal sebanyak 364 lembar.

Tak hanya berkas fisik, partai juga diminta untuk menginput data kader tersebut secara daring. Data online itu nantinya akan dicocokkan dengan berkas riil yang dikumpulkan ke sekretariat KPU.

Disampaikan oleh Liaison Officer (LO) DPD PAN Kota Bengkulu Budi Agustian, beberapa kesalahan yang sering terjadi adalah adanya KTP anggota yang belum elektronik. Selain itu, pengisian data sipol yang dilakukan secara online juga sering bermasalah.

“Server sipol sering maintenance, jadi kita juga susah untuk melengkapi persyaratan tersebut,” kata dia. [CHO]