Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Dukcapil, Nopri Andriyanto sedang lembur di kantor Dukcapil Kota Bengkulu

BENGKULU, PB– Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota BengkuluĀ  menargetkan akan mencetak 5000 e-KTP baru bagi warga kota yang belum punya e-KTP dalam minggu ini.

“Jadi saat ini kami menargetkan 5000 e-KTP bagi warga yang baru merekam. Target ini kami kerjakan secara kontinyu sampai lembur tengah malam agar target ini bisa tercapai,” kata Kepala Dinas (Kadis) Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bengkulu Sudarto melalui Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Dukcapil, Nopri Andriyanto, Jumat malam (13/10/2017).

Dukcapil Kota, sambung Nopri, sudah berhasil mencetak 1700 e-KTP di 3 kecamatan dalam jangka waktu tiga hari ini. Walaupun harus kerja tanpa henti, siang, sore dan malam untuk mencapai target tersebut.

“Tiga kecamatan itu adalah Teluk Segara, Ratu Samban dan Selebar. Dalam beberapa hari kedepan kita akan selesaikan kecamatan lainnya,” ungkapnya.

Secara teknis, 5000 e-KTP ini bakal di distribusi secara serentak. Karena itu warga diminta untuk sedikit sabar menunggu proses perekaman selesai secara keseluruhan.

“e-KTP akan didistribusikan langsung ke masing-masing kelurahan dan diketahui pihak kecamatan. Nanti akan ada serah terima dari Dukcapil Kota, barulah para lurah melalui RT masing-masing mendistribusikan pada masyarakat,” jelasnya.

Selanjutnya, jika e-KTP sudah direkam, Dukcapil Kota menghimbau masyarakat untuk proaktif melakukan aktivasi, sebab jika tidak dikerjakan bakal merugikan masyarakat itu sendiri. Untuk proses aktivasi masyarakat bisa datang langsung ke kantor Dukcapil Kota.

“Kedepan kalau ada e-KTP harus proaktif melakukan aktivasi karena butuh sidik jari. Kalau tidak akan merugikan masyarakat. Karena chip yang ada di e-KTP belum aktif dan bakal mempengaruhi hal yang bersifat elektronik. Seperti tes CPNS harus ada aktivasi, kalau tidak nanti tidak bisa diakses,” tandasnya. [Media Center Kominfo Kota Bengkulu]