BENGKULU, PB – Alat musik khas Provinsi Bengkulu Dol ditampilkan pada pembukaan Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional V, Lapangan Sport Centre Kota Bengkulu, Selasa (10/10/2017).

Alat musik pukul tersebut berhasil memukau ratusan kontingen yang mengikuti upacara pembukaan tersebut.

Ratusan olahragawan yang ada di tenda acara berlomba-lomba untuk mendekati para pemain alat musik pukul tersebut ketika alat musik yang terbuat dari bonggol kelapa itu ditabuh.

Tak hanya itu, mereka mendekat sembari menyalakan kamera untuk berswafoto.

Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan alat musik Dol ini memang sedang naik daun.

Bahkan seniman Bengkulu sering diundang ke tingkat nasional bahkan internasional untuk memainkan alat musik yang erat dengan event tabut tersebut.

“Dol ini beberapa kali tampil di tingkat nasional. Beberapa waktu yang lalu nampil di Economic Forum Kementerian Keuangan se-Asia Pacific, sempat juga tampil dalam penyambutan Raja Salman. Tampil di silang Monas, HI, dan lainnya,” ungkapnya.

Menurutnya, Dol merupakan alat musik yang luar biasa.

“Mana ada alat musik lain yang seperti Dol itu,” imbuhnya.

Oleh karena itu, Mantan Wakil Bupati Bengkulu Selatan tersebut meminta agar masyarakat Bengkulu bisa berbangga dengan kekayaan budaya yang ada ini.

Apalagi, penelitian menunjukkan bila musik yang dihasilkan dari tabuhan Dol tidak hanya menghasilkan sebuah bunyi. Namun, sarat akan energi dan kebudayaan.

“Saatnya kita bangga dengan potensi yang ada,” kata dia. [CHO]