BENGKULU, PB – Sekretaris DPRD Kota Bengkulu Ramadan Indosman mengatakan Peraturan Walikota tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Bengkulu sudah keluar.

Regulasi ini mengatur besaran tunjangan untuk anggota legislatif yang ada di Kota Bengkulu.

Dijelaskan Romadan, beberapa tunjangan yang diatur adalah tunjangan perumahan dan transportasi. Untuk perumahan setiap anggota DPRD Kota Bengkulu mendapatkan Rp 8 juta per bulan. Untuk Wakil Ketua mendapatkan Rp 8,5 juta dan Ketua DPRD Kota mendapatkan Rp 9 juta.

Namun untuk Waka I Yudi Darmawansyah dan Ketua DPRD Kota Bengkulu Erna Sari Dewi tidak mendapatkan tunjangan itu lantaran sudah mendapatkan rumah dinas. Sementara Waka II Teuku Zulkarnain mendapatkan tunjangan tersebut.

“Karena tidak punya rumah maka kita berikan tunjangan,” jelasnya, Selasa (31/10/2017).

Untuk tunjangan transportasi, lanjutnya, besaran yang didapatkan seluruh anggota DPRD Kota Bengkulu adalah Rp 11,5 juta per bulannya. Untuk pimpinan dewan tidak berhak mendapatkan tunjangan ini karena diberikan fasilitas kendaraan dinas.

“Untuk mobil sudah dikembalikan semua, jadi tinggal kita anggarkan saja,” sampainya.

Tunjangan ini, lanjutnya, mulai terhitung sejak Oktober 2017. Hal ini lantaran menurut peraturan yang ada, tunjangan bisa dicairkan setelah sebulan aturan diundangkan.

“Perdanya kan diundangkan pada September, berarti Oktober bisa langsung dicairkan. Tapi untuk sekarang lagi proses di bagian keuangan karena APBD-P kita kan baru ketok kemarin,” jelasnya. [CHO]