BENGKULU SELATAN, PB – Program kerjasama penanaman jagung antara petani dan Koperasi Duta Tani terus berlanjut. Bukan hanya di Bengkulu Selatan, Koperasi Duta Tani juga telah menyasar Kabupaten Kaur.

Ketua Koperasi Duta Tani, Juli Hartono mengklaim saat ini luas lahan yang telah mengajukan kerjasama ke pihak Koperasi mencapai 7 ribuan Hektar. Dengan rincian 4 ribuan hektar berada di Kabupaten Bengkulu Selatan dan sisanya di Kabupaten Kaur.

“Namun yang sudah diverifikasi ke lapangan itu ada sekitar 1.400 Hektar di Kabupaten Bengkulu Selatan. Di Kaur juga sudah mencapai 1000-an Hektar pula. Proses verifikasi dengan terjun ke lokasi dan melihat langsung lahan. Ini juga melibatkan Bank BNI. Yang mana rencana permodalan/pembiayaan nanti akan bekerjasama dengan BNI, ” ujar Juli Hartono didampingi rekannya sesama Pengurus Koperasi Duta Tani, Hamdan Mufti Tajidin kepada pedomanbengkulu.com, Selasa (31/10/17).

Ditambahkannya, untuk tahap awal tahap uji coba, sudah ada sekitar 200 Hektar jagung yang telah selesai panen. Hasil produksi panen tersebut, menurut Juli dipasarkan ke Provinsi Lampung.

“Lahan yang belum diverifikasi akan tetap akan kita verifikasi. Lahan yang datanya masuk ke Koperasi ini tersebar di berbagai Kecamatan seperti Seginim, Air Nipis, Kedurang, Kedurang Ilir, Ulu Manna, Pino Raya dan Kecamatan lainnya. Juga ada yang memanfaatkan lahan perkarangan dan buka lahan baru,” demikian Juli Hartono. (Apd)