REJANG LEBONG, PB – Saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Rejang Lebong telah menerima berkas ke 13 Partai Politik calon peserta pemilu 2019 mendatang. Tahapan KPU Rejang Lebong saat ini meneliti berkas 13 Parpol yang telah diserahkan.

Namun, pihak KPU Kabupaten Rejang Lebong menemukan beberapa masalah, diantaranya fotocopy KTP ganda di seluruh partai politik yang telah menyerahkan berkas, fotocopy KTP yang buram dan disertai tidak sesuai data keanggotaan dengan fotocopy KTP yang dilampirkan.

“Tahapan yang dilalui saat ini adalah meneliti berkas, dan hasilnya seluruh partai politik yang telah mendaftar memiliki permasalahan yang hampir sama, yaitu pada berkas copy KTP keanggotaan di partai politik, banyak yang ganda, buram, serta banyak yang tidak sesuai,” kata Komisioner KPU Rejang Lebong Divisi Perencanaan dan Data, Restu Wibowo, Senin (23/10/2017).

Restu menambahkan, Setelah berkas ini selesai diteliti, pihaknya akan segera memanggil partai politik yang sudah terdaftar untuk segera melengkapi data copy KTP yang kurang, selambat-lambatnya sebelum tanggal 17 November mendatang.

Disamping itu, Restu menilai ada indikasi KTP digandakan dalam jumlah banyak untuk lolos dalam verifikasi KPU.

“Jika hal ini kerap terjadi, semata-mata untuk memenuhi kewajiban dengan melampirkan 1600 lembar copy KTP, sehingga di copy berulang-ulang sebanyak 4 hingga 5 kali agar memenuhi kewajiban pada data Sipol agar lulus Verifikasi,” jelasnya. [Benny]