JAKARTA, PB – Rasa bangga nampak jelas dari raut wajah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani saat mendampingi Presiden Joko Widodo, menerima para Atlet ASEAN Para Games 2017 di Istana Merdeka, Jakarta.

Seperti dikutip dari situs Kemenko PMK, Indonesia menjadi juara umum pada event ASEAN Para Games 2017. ASEAN Para Games adalah pesta olahraga bagi penyandang disabilitas yang dilaksanakan setiap dua tahun di antara negara-negara Asia Tenggara.

Pada perhelatan yang dilaksanakan di Malaysia beberapa waktu lalu, Tim Merah Putih menyabet perolehan medali sebanyak 126 emas, 75 perak, dan 50 perunggu. Tak hanya itu, atlet Indonesia juga tercatat memecahkan 36 rekor yang terbagi dalam tiga cabang olahraga, yaitu renang, angkat besi, dan atletik.

“Saya turut bangga dan menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas capaian luar biasa atlet Para Games Indonesia di ASEAN Para Games 2017. Semoga prestasi ini terus dipertahankan dan menginspirasi kita semua untuk terus memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara,” ungkap Menko PMK disela-sela acara ramah tamah di Istana.

Lebih lanjut, Menko Puan mengingatkan untuk menghadapi event di tingkat lebih tinggi selanjutnya, yakni tingkat Asia dalam ASIAN Para Games 2018 perlu persiapan yang lebih baik dan pemetaan cabang olahraga untuk mencapai target yang diinginkan. Harus identifikasi atlet dan cabang olahraga mana saja yang berpotensi menyumbang emas.

“Cabang atletik dan renang bisa menjadi peluang paling banyak meraih emas, bila dilihat dari hasil ASEAN Para Games 2017,” ujar Puan.

Menko PMK juga menegaskan agar semua pihak baik pelatih, atlit dan kemenpora dapat merumuskan strategi yang tepat untuk mencapai target selanjutnya. [anr/ram]

Foto Tribun Jateng