Pantai panjang Bengkulu, warga provinsi Bengkulu dan provinsi tetangga sudah sangat mengenal nama pantai ini, mungkin juga sebagian masyarakat Indonesia dan turis manca negara, apa lagi di era digital ini, informasi begitu mudah tersebar luaskan.

Pantai yang indah sepanjang tujuh kilometer, dengan pasir yang putih namun menyimpan banyak misteri dan cerita. Terutama cerita seram tentang penunggu dan murka penunggu laut pantai panjang.

Mungkin bagi warga Bengkulu, sudah sangat terbiasa mendengar ada orang yang tenggelam, terseret ombak, kemudian jasadnya beberapa hari tidak ditemukan, setelah selama beberapa hari pencarian, ternyata jasadnya ditemukan dilokasi tenggelam. Muncul begitu saja.

Sebagai orang yang sejak kecil hidup tak jauh dari pantai, bergaul dengan lingkungan pantai, bermain pasir di pinggir pantai, mancing di laut saat pasang kering, berlompatan di atas karang, berenang di lopak-lopak yang jernih, kadang ada rasa cemas digigit Bajan, saya sudah akrab betul dengan kejadian hilangnya atau tenggelamnya orang di pantai panjang, bahkan ada tetangga dan teman sekelas yang pernah menjadi korban keganasan ombak dan arus laut pantai panjang.

Bermain di pantai memang mengasikkan, apalagi ramai-ramai bersama teman-teman, foto-foto, siram-siraman air laut yang asin, kadang pedih di mata. Namun kita harus waspada dan memperhatikan serta mematuhi rambu-rambu yang dipasang petugas. Tentang larangan mandi di Pantai. Namun kadang kala ada korban yang tak berniat mandi, hanya bermain-main dan mengambil gambar di belakang ombak, kemudian tanpa sadar sudah jauh ke tengah. Tanpa sadar sudah tertarik arus ke air yang lebih dalam, dan saat itulah datang ombak susulan yang lebih besar, hingga air tambah dalam ditambah dengan arus yang kuat, panik, gugup dan tidak bisa berenang adalah faktor yang membuat jatuhnya korban.

Bila ada tanda-tanda ini, segeralah menjauh, jangan bermain dipantai, apa lagi berenang.

  1. Bila masuk ke air yang dangkal, kemudian ombak surut, kaki anda seperti terseret tapi sedikit terbenam, kemudian pandangan mata bergoyang dan sedikit pusing, maka jangan melangkah lagi ke tengah. Bahaya. Ada arus yang kuat di depan anda.
  2. Di depan anda ada pemandangan seperti gambar di  bawah ini :

Itu adalah Rip Current atau arus pecah. Rip Current memiliki daya hanyut yang sangat kuat. Dan akan menarik kita jauh lebih ke tengah dan lebih dalam lagi, dengan kecepatan 0,2 – 2,5 meter perdetik. Arus pecah dapat sangat mematikan bagi orang yang tidak  bisa berenang dan tidak siap.

Topografi Pantai Panjang yang memiliki palung-palung dalam adalah faktor penyebab adanya Rip Current hingga tak jarang memakan korban jiwa. Kesalahpahaman sering terjadi, orang mengira arus bawah yang kuat yang bisa menarik orang untuk lebih dalam, namun untuk Rip Current, arus ataslah yang lebih kuat dan dapat memperkecil gelombang yang datang, sehingga permukaan tampak tenang dan mengundang orang untuk berenang.

Salam dari anak pantai. [Elvi Ansori/Diolah dari berbagai referensi]