Kekayaan kuliner nusantara sudah tidak usah diragukan lagi, bahkan dunia sudah mengakuinya!

Salah satunya adalah olahan nasi tradisonal khas Kota Palembang yaitu nasi minyak samin.

Nasi minyak samin adalah kuliner khas Palembang yang lekat dengan nilai budaya kota pempek tersebut.

Dulunya nasi minyak ini hanya diperuntukkan bagi keluarga Kesultanan Palembang dan hanya tersedia di hari Jum’at saja.

Sama halnya Pempek Owen yang merupakan outlet yang menjajakan makanan-makanan khas Palembang juga menyediakan menu olahan nasi minyak samin khusus dihari Jum’at saja.

Dikatakan Alamsyah, Owner Pempek Owen, menu ini merupakan paket komplit yang didalamnya sudah ada nasi minyak samin, daging malbi dan pentol, buncis, kentang dan sambal nanas.

“Menu ini dihadirkan untuk lebih memberikan variasi menu agar pecinta kuliner tidak bosan dengan menu itu-itu saja,” ujarnya.

Untuk diketahui, sepintas nasi minyak saamin hampir sama dengan nasi kuning atau nasi biryani karena memang warnanya yang kuning pekat.

Yang membedakan adalah rasanya. Ada rasa khas dari nasi minyak yang berbeda bila dibandingkan dengan nasi kuning.

Rasa tersebut berasal dari minyak samin karena ketika memasak nasi minyak di campur dengan minyak samin sebagai penguat rasa. Terkadang nasi minyak juga dicampur dengan kismis untuk menambah kelezatan rasanya.

Berbeda dengan nasi kuning yang dagingnya dicampur langsung, lauk untuk nasi minyak disajikan secara terpisah.

Jadi untuk menikmati nasi minyak bisa disantap dengan daging malbi, buncis, kentang dan sambal nanas.

Serta dalam proses memasak nasi minyak biasanya menggunakan kuali besar dan diaduk dengan pengaduk yang terbuat dari kayu yang panjang.

Karena memasaknya dengan bumbu yang khas oleh karena itu tidak semua orang bisa memasak nasi minyak dengan rasa yang pas.

Sementara untuk harga nasi minyak samin sangatlah terjangkau yaitu hanya Rp 30 ribu saja per paketnya.

Jadi buat kalian yang sudah memiliki rencana berkunjung ke Pempek Owen, nasi minyak merupakan salah satu kuliner yang wajib untuk dicoba.

Info lebih lanjut hubungi nomor (0736) 7313571 dan 0811719054 atau datang langsung ke Pempek Owen di Jalan S. Parman Nomor 37 Simpang Skip Kota Bengkulu. [Nurhas]