BENGKULU UTARA, PB – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara mengusulkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang memelihara keunikan adat istiadat, tradisi dan budaya daerah kepada DPRD Bengkulu Utara.

“Pemerintah daerah berharap DPRD Bengkulu Utara dapat menyetujui Raperda ini menjadi Perda. Karena Raperda ini mengatur adat istiadat. Salah satunya, untuk pengelolaan kebudayaan, pelestarian tradisi dan pembinaan lembaga adat,” Kata Sekertaris Pemkab Bengkulu Utara, Haryadi dalam pidatonya saat menghadiri Paripurna DPRD BU, Selasa (24/10/2017).

Menurut Sekda, Perda ini dianggap penting sebagai usaha merevitalisasi peran serta masyarakat dan hukum adat untuk menyelesaikan permasalahan kehidupan masyarakat desa berkaitan dengan adat istiadat dan hukum adat yang berlaku.

Dalam Paripurna yang dipimpin oleh Wakil Ketua 1 DPRD Bengkulu Utara, Bambang Irawan tersebut, Pemkab BU juga menyampaikan 2 Raperda lainnya yakni, Raperda tentang Perubahan Atas Perda Nomor 6 tahun 2012 tentang Retribusi Perizinan Tertentu, Raperda tentang Perubahan atas Perda Nomor 4 tahun 2016 tentang ketertiban umum dan ketentraman masyarakat dalam wilayah Kabupaten Bengkulu Utara. [Evi/Adv]