BENGKULU SELATAN, PB – Ratusan warga Kabupaten Bengkulu Selatan bakal dilatih sigap dan siaga menghadapi bencana. Peserta yang mayoritas berasal dari Kecamatan Pino Raya ini akan dilatih Selama tiga hari mulai hari ini (11/10/17) hingga Jumat (13/10/17).

Dijelaskan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bengkulu Selatan, Diah Winarsih pelatihan siaga bencana ini dikemas dalam program Kampung Siaga Bencana.

“Untuk Bengkulu Selatan, Program Kampung Siaga Bencana ini dipusatkan di lapangan Affandi Rustam di Pino Raya. Tadi pagi acara pembukaan yang dibuka oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Bengkulu,” ujarnya

Sambungnya, Kabupaten Bengkulu Selatan merupakan salah satu Kabupaten yang dipercaya sebagai pusat program Kampung Siaga Bencana dari Kementerian Sosial. Di Provinsi Bengkulu hanya ada dua Kabupaten/Kota yang ditunjuk, yakni Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kota Bengkulu.

“Kegiatan ini digelar selama tiga hari. Hari ini pembukaan dan dilanjutkan dengan penyuluhan yang diikuti sekitar seratus warga dari berbagai desa di Pino Raya. Besok Kamis acaranya glady dan latihan siaga bencana. Dan Pada hari Jumat merupakan simulasi bencana yang dirancang akan diikuti 300-an orang sekaligus penutupan. Acara ini juga akan dihadiri langsung dari Kementerian. Besok (12/10/17) dijadwalkan tiba di Bengkulu Selatan,” ungkapnya.

Kegiagan kampung siaga bencana ini nantinya juga akan merekrut 60 orang Kader Siaga Bencana. Yang dengan dibentuknya Kader ini, lanjut Diah Winarsih akan dapat menjadi pihak pertama yang membantu dan menangani bencana di tengah masyarakat sebelum tibanya Tagana, SAR dan Dinas Sosial.

“Bengkulu Selatan ini kan termasuk kategori rawan bencana. Salah satu faktornya karena dekat dengan pantai. Adanya pelatihan dan program Kampung Siaga Bencana ini diharapkan dapat menambah pengetahuan masyarakat dalam menghadapi bencana dan mengurangi risiko yang terjadi akibat bencana. Masyarakat dilatih mandiri , sigap siaga dan tangguh ketika bencana menimpa,” urainya.

Masih menurut Diah Winarsih, keuntungan lain yang didapat Kabupaten Bengkulu Selatan dengan adanya Program Kampung Siaga Bencana ini yakni mengalirnya bantuan dari kemensos ke Bengkulu Selatan berupa alat-alat penanganan bencana seperti tenda, peralatan dapur umum dan perlengkapan lainnya. [Apd]