BENGKULU, PB – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu berencana akan melakukan road show keliling. Ini guna mempercepat perekaman data e-KTP bagi masyarakat Kota Bengkulu.

“Besok kita akan keliling, ke kantor kecamatan, kantor kelurahan, kita juga kerjasama dengan Diknas, kita juga akan ke sekolah-sekolah,” jelas Kepala Dinas Dukcapil Kota Bengkulu Sudarto Widyo Saputro, Senin (23/10/2017).

Dia berharap dengan metode turun langsung ini bisa meningkatkan rekaman data e-KTP di Kota Bengkulu yang saat ini sudah 80 persen.

“Kita target sebanyak mungkin, kita keliling satu tim, waktunya sampai selesai,” ungkapnya.

Namun ia menegaskan untuk pencetakan tidak bisa dilakukan langsung. Pencetakan tetap dilakukan di Kantor Dinas Dukcapil Kota Bengkulu.

“Untuk stock blanko jangan khawatir, ready stock,” ucapnya.

Menurutnya, beberapa peralatan perekaman saat ini sebenarnya ada di masing-masing kantor kecamatan. Namun kondisinya sudah mengkhawatirkan.

“Kondisinya bagus semua tapi mengkhawatirkan. Karena kita terkendala di listrik, ada yang dayanya nggak sampai, harus pakai AC, kalau tanpa AC bisa jebol. Kan mengkhawatirkan,” bebernya.

Untuk target pencetakan, ia belum bisa memastikan rampung 100 persen dalam waktu singkat. Sebab untuk pencetakan ini, pihaknya juga memiliki beberapa kendala.

“Misal kendala jaringan, lampu dan kendala teknis lainnya,” pungkasnya. [CHO]