JAKARTA, PB – Salah satu cara untuk mewujudkan akuntabilitas di suatu institusi adalah dengan pelaporan kinerja yang lengkap dan menyeluruh untuk setiap unit kerja. Hal ini dilakukan untuk mencapai Penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih (Good Governance).

Demikian dikatakan Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Seskemenko PMK), Y. B. Satya Sananugraha, saat membuka acara Sosialisasi Format Laporan Kinerja dan Aplikasi SIPP, Jumat lalu (13/10) di Ruang Rapat Lantai 7 Kemenko PMK, Jakarta.

Dikutip dari situs Kemenko PMK, Seskemenko menyatakan bahwa penerapan sistem tersebut bertujuan agar penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dapat berlangsung secara berdaya guna, berhasil guna, bertanggung jawab, dan bebas dari praktek Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN) diperlukan sebuah sistem aplikasi, yaitu Sistem Informasi Perencanaan dan Pelaporan (SIPP). Seluruh pejabat Eselon IV, III, II, dan I wajib menyampaikan Laporan Kinerja sesuai PK-nya melalui SIPP.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama, Yohan, menjelaskan bahwa pelaporan kinerja dari unit-unit kerja di Kemenko PMK menjadi indikator penting dalam mengukur akuntabilitas kinerja, hal ini sesuai dengan amanat PermenPANRB No. 53 tahun 2008 tentang Perjanjian Kinerja, Laporan Kinerja, dan Reviu Laporan Kinerja. Ke depan penilaian kinerja akan menjadi salah satu unsur dalam pemberian Tunjangan Kinerja.
“Jadi pemberian tunjangan kinerja itu bukan hanya berdasar pada absensi kehadiran, tapi juga dari hasil kinerja masing-masing pegawai, yang dilihat dari Laporan Kinerjanya”, ujar Yohan.

Dalam acara ini disampaikan paparan tentang tata cara pengisian dan pengenalan aplikasi oleh Susanna dari Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN). Menurut Susanna, untuk pengisian laporan kinerja melalui sistem aplikasi SIPP diperlukan ketepatan waktu dan kelengkapan data sehingga aplikasi ini mampu memudahkan pelaporan kinerja di Kemenko PMK. Acara Sosialisasi diikuti seluruh pejabat Eselon II, III, dan IV Kemenko PMK. [anr/ram]