JAKARTA, PB – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menargetkan Tim Pelajar Indonesia U-16 menjuarai turnamen Borneo Cup 2017 di Kinabalu, Malaysia, 5-9 Oktober meski persiapan untuk menghadapi kejuaraan ini cukup singkat.

“Pemerintah sangat mendukung peran serta Tim Pelajar U-16 di Malaysia. Kalian harus yakin bahwa tim kita bisa menjadi yang terbaik dan mengibarkan Merah Putih disana,” kata Menpora Imam Nahrawi di sela pelepasan Tim Pelajar U-16 di Kantor Kemenpora, Jakarta, Senin (2/10/2017).

Tim Pelajar U-16 terbang ke Malaysia berkekuatan 19 pemain yang berasal dari seluruh Indonesia. Mereka sebelum berangkat ke Negeri Jiran ini telah digembleng oleh pelatih potensial usia muda yaitu Maman Suryaman.

Turnamen Borneo Cup 2017 merupakan kejuaraan kelompok umur. Tim Pelajar Indonesia nantinya tergabung di Grup B bersama dengan Real Sport asal India, DPM Sport School Malaysia dan Jubilo asal Malaysia.

Selain Tim Pelajar, Indonesia juga mengirim dua wakil lain yaitu Persita Tangerang dan Bitung City. Keduanya tergabung di Grup A bersama dengan MurdochUniversity Melville FC Australia dan TABS asal Malaysia.

“Semoga kalian beruntung. Makanya kalian semua harus benar-benar menunjukkan kemampuan terbaik. Bukan hanya juara, kami berharap pada turnamen ini bisa muncul pemain-pemain muda potensial. Karena itulah tujuan pembinaan,” kata pria yang akrab dipanggil Cak Imam itu.

Harapan menpora langsung ditanggapi dengan optimistis oleh sang manajer Tim Pelajar U-16, Fary Djemy Francis. Menurut dia, meski persiapan singkat bukan berarti tidak maksimal. Para pemain semuanya telah siap untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya.

“Sejak awal kami memang menargetkan juara meski turnamen ini diikuti oleh tim-tim yang bagus. Makanya kita harus maksimalkan,” kata pria yang juga anggota Komisi V DPR RI itu.

Sementara itu salah satu pemain Tim Pelajar U-16, Crespo Hale mengaku dirinya sudah siap jika diberi kepercayaan oleh pelatih untuk turun di pertandingan. Pihaknya ingin membuktikan diri dirinya mampu bersaing dan menunjukkan kemampuan terbaik.

“Harapan saya, saya bisa bermain dengan baik dan membawa tim menjadi juara,” kata pemain asal Nusa Tenggara Timur itu.

Kementerian Pemudan dan Olahraga adalah kementerian di bawah koordinasi Kementeriaan Koordinasi Pembedayaan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia di bawah pimpinan Puan Maharani. [anr/ram]

Foto Situs Resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga

Berikut Daftar Pemain Tim Pelajar Indonesia U-16:

Penjaga gawang: Adi Satrio (Jawa Barat), Sadam Sumantri (Yogyakarta).

Pemain belakang: Rizki Arohman (Jawa Barat), Satria Guntara (Jawa Barat), Rhenaldi Saputra (Jawa Barat), Rendi Ardian (Jawa Barat), Crespo Hale (Nusa Tenggara Timur), Zainul Mufakir (Banten).

Pemain Tengah: Faris Ardiansyah (Jawa Timur), Christian Supit (Sulawesi Utara), Alif Jaelani (Sulawesi Selatan), Angga Surya (Jawa Barat), Ardi Maulana (Jawa Barat), Latando Puturusi (Sulawesi Selatan).

Pemain Depan: Rachmad Yusuf (Jawa Timur), Alvin Saputra (Kalimantan Timur), Bedrandi Okiko Tallan (Nusa Tenggara Timur), Ilham Mahfudzillah (Jawa Barat), Esa Rahmanda (Jawa Barat).