BENGKULU, PB – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bengkulu Parsadaan Harahap mengatakan panitia pengawas pemilih (Panwaslih) yang dilantik hari ini (15/10/2017) akan dilantik kembali sebagai Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam).

Karena, pada hari ini, 27 panwaslih tersebut hanya dilantik khusus untuk mengawasi Pemilihan Walikota (Pilwakot) Bengkulu.

“Mereka ini dilantik khusus pilwakot, karena memang tahapan pilwakot yang sudah berlangsung. Sementara untuk Pileg dan Pilpres belum ada,” jelasnya.

Bawaslu sendiri sudah merencanakan perekrutan Panwascam di 9 kabupaten pada bulan ini. Sehingga pada pertengahan November mendatang sudah terbentuk Panwascam di seluruh kecamatan yang ada di Provinsi Bengkulu.

“Ketika Panwas Pileg dan Pilpres selesai kita rekrut maka Panwaslih Kota Bengkulu akan dilantik kembali bersama 9 kabupaten lain,” ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua Panwaslu Kota Bengkulu Sugiharto mengaku belum tahu apakah Panwaslih ini akan dilanjutkan masa tugasnya untuk mengawasi Pileg dan Pilpres. Sebab

“Mereka ini belum menjadi pengawas Pileg dan Pilpres. Karena mungkin ada perekrutan kembali nanti, kita belum tahu mereka ini apakah diteruskan lagi atau bagaimana,” jelasnya.

Saat ini, sambungnya, ia hanya menginstruksikan agar 27 Panwaslih yang baru dilantik agar segera melakukan koordinasi dengan seluruh stakeholder di tingkat kecamatan seperti Camat dan Kapolsek. Sehingga staf pendukung dan kesekretariatan bisa segera dilengkapi.

“Untuk pendaftaran partai saat ini juga masih domain panwas kota. Mereka fokus dulu ke internal saja,” pungkasnya. [CHO]