BENGKULU, PB – Dinas Pertanian (Distan) Kota Bengkulu melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan hasil panen yang ada di daerah ini. Salah satunya adalah dengan program peningkatan jumlah tanam.

Disampaikan oleh Kepala Distan Kota Bengkulu Arif Gunadi, pihaknya tengah mensosialisasikan kepada petani agar tidak lama beristrahat usai masa panen. Sebab pemerintah kota tidak memiliki program cetak cetak sawah baru sebagaimana daerah lain.

“Kita tidak ada program cetak sawah baru karena luas areal memang tidak ada. Paling yang kita lakukan adalah peningkatan masa tanam, yang dulu sekali jadi dua kali, yang dulu dua kali menjadi tiga kali,” ungkapnya, Selasa (31/10/2017).

Selain itu, sambung Gunadi, pihaknya juga menyalurkan bantuan bibit padi dan jagung untuk petani yang ada di Kota Bengkulu. Untuk bibit jagung sendiri, tiap hektar lahan akan diberikan bantuan sebanyak 15 Kg. Sementara untuk padi, diberikan sebanyak 25 Kg bibit per hektarnya.

“Untuk tahun ini ada 150 hektar lahan yang kita bantu salurkan bantuan dari provinsi,” sampainya.

Sejauh ini, lanjutnya, hanya bantuan tersebut yang disalurkan oleh Distan. Untuk pupuk sendiri sudah menjadi paket bantuan subsidi oleh pemerintah pusat.

“Untuk pembasmi hama juga tidak ada. Tapi kalau memang ada serangan hama, petani bisa meminta bantuan ke provinsi,” pungkasnya. [CHO]