BENGKULU, PB – Penghargaan Swasti Saba Wistara akhirnya tiba di Bengkulu. Penghargaan ini dibawa langsung oleh Walikota Bengkulu Helmi Hasan dari Jakarta dan tiba di Bandara Fatmawati – Soekarno, Kamis malam (30/11/2017), sekira Pukul 21.00 WIB.

Baca juga : Prestasi Kian Meningkat, Bengkulu Kembali Lolos Verifikasi Kota Sehat 2017

“Selasa (28/11/2017) lalu, Pemkot meraih penghargaan tertinggi kota sehat 2017 dari Kementerian Kesehatan RI yaitu Swasti Saba Wistara. Penghargaan ini saya terima langsung dari Kementerian Kesehatan RI di Ruang Sasana Bhakti Praja Gedung C Kementerian Dalam Negeri,” terang Walikota Helmi Hasan saat konferensi pers di Bandara Fatmawati-Soekarno.

Disampaikannya, Pemerintah Pusat juga mengapresiasi program-program kesehatan yang dilakukan Pemkot Bengkulu. Seperti JSPSI (Jemput Sakit Pulang Sehat Insya Allah), makan gratis bagi keluarga pasien RSUD Kota Bengkulu, dan program lainnya.

“Program JSPSI ini tidak dimiliki oleh kota-kota lain seperti Kota Bandung dan Kota Surabaya. Kota Bengkulu satu-satunya yang berinovasi melahirkan program JSPSI,” ujar Walikota Helmi Hasan kepada para jurnalis.

Di tahun 2018, lanjutnya, program-program inovasi di bidang kesehatan ini akan terus dilakukan dan dipertahankan guna memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Untuk diketahui, prestasi membanggakan ini berhasil diraih setelah Pemkot Bengkulu memenuhi standar kota sehat 2017 yang mengacu pada tujuh tatanan Swasti Saba Wistara.

Tatanan itu adalah, sosialisasi kawasan tanpa rokok, kampanye bahaya penyakit HIV AIDS, kegiatan stop buang air besar sembarangan, Gerakan penanganan demam berdarah, gerakan masyarakat hidup sehat (Germas), gerakan jalan bersama lansia dan gotong royong menuju lingkungan bersih.

Simak juga : JSPSI Berbondong-bondong Tolongi Warga Miskin yang Sakit

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Bengkulu, Susilawaty mengungkapkan, selaku stakeholder terkait, tentu dirinya patut berbangga atas kerja keras yang dilakukan semua pihak untuk mendapatkan penghargaan tertinggi Kota Sehat ini.

“Sebelumnya di tahun 2013 Pemkot memperoleh Swasti Saba Padapa dan tahun 2015 memperoleh Swasti Saba Wiwerda,” kata Susilawaty. [Rilis/Media Center Kominfo Kota Bengkulu]