Ilustrasi (Foto: Istimewa)

BENGKULU, PB – Setelah cuaca ekstrem akibat Siklon tropis cempaka melanda Bengkulu beberapa hari ini, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali melansir munculnya Siklon Tropis Dahlia di Barat Daya Bengkulu berada pada posisi 8.2 LS dan 100.8 BT (sekitar 470 km sebelah Selatan Bengkulu) dengan pergerakkan ke arah Tenggara menjauhi wilayah Indonesia.

Lahirnya siklon tropis Dahlia akan berdampak pada peningkatan hujan lebat, tinggi gelombang, angin kencang, maupun potensi kilat dan petir di Bengkulu dan beberapa wilayah di Indonesia.

Dampaknya akan terjadi Hujan sedang hingga lebat di pesisir Barat Bengkulu hingga Lampung, Banten, dan Jawa Barat bagian Selatan dan Gelombang laut dengan tinggi 4.0 – 6.0 meter di Perairan Enggano, Perairan Barat Lampung, Samudera Hindia Barat Enggano hingga Lampung, Selat Sunda bagian Selatan, Perairan Selatan Banten, Samudera Hindia Selatan Banten.

Baca juga: Waspada Cuaca Ekstrem Selama Dua Hari di Bengkulu

Dengan adanya situasi potensi cuaca ekstrem ini, BMKG mengimbau kepada masyarakat agar Waspada potensi genangan, banjir maupun longsor bagi yang tinggal di wilayah berpotensi hujan lebat terutama di daerah rawan banjir dan longsor terutama di daerah dataran rendah, daerah cekungan, bantaran kali atau sungai, perbukitan, lereng-lereng dan pegunungan.

Waspada terhadap potensi hujan disertai angin kencang yang dapat menyebabkan pohon maupun papan reklame dan baliho tumbang/roboh serta yang berbahaya bagi kapal berukuran kecil Tidak berlindung di bawah pohon jika hujan disertai kilat/petir.

Waspadai juga peningkatan ketinggian gelombang laut yang lebih dari 2.5 meter. [AM]