JAKARTA, PB – Program Padat Karya Cash maupun dana desapada tahun 2018 akan fokus untuk memberikan manfaat kepada penduduk desa. “Jadi akan dilakukan misalnya swakelola, bahkan kita sudah bicara, ini akan masuk ke uang harian atau cash for work. Nanti akan difokuskan kepada 100 Kabupaten dengan fokus Desa tersendiri dan dilakukan bersama-sama dengan semua kementerian/lembaga yang ada juga dikaitkan dengan bagaimana pengentasan stunting” jelas Menko PMK Puan Maharani.

Menko Puan menjelaskan nantinya akan ada Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri yang meliputi Kemenkeu, Kemendes, Kemendagri, dan Bappenas. SKB Empat Menteri ini bertujuan untuk menghubungkan semua program yang ada di pemerintahan dan akan difokuskan pada 100 Kabupaten pada desa-desa tertentu.

“Presiden juga meminta bahwa dilibatkan juga berkaitan dengan ketahanan pangan. Bahwa pemberian makanan bergizi kepada ibu dan anak itu kedepannya tidak hanya diberikan melalui misalnya PMT atau biskuit yang sekarang ini sering diberikan oleh Kementerian Kesehatan” Ujar Menko Puan. Selain Kementerian Kesehatan, juga perlu untuk melibatkan Ibu-ibu untuk berperan serta memberikan gizi kepada anak-anaknya di wilayah masing-masing.

Menurut Menko Puan, Program Padat Karya ini tidak saja melingkupi infrastruktur. “Program ini juga akan masuk ke pelayanan dasar ke rumah sakit” tambah Menko Puan. Selain itu, bidang pendidikan khususnya Sekolah juga akan menerima manfaat dari program ini. “Sekolah juga harus diperbaiki karena ini juga penting ke depannya itu bukan hanya fisik, namun juga masalah SDM dari anak-anak yang ada di desa tersebut” pungkas Menko Puan. [AM/adv]