Plt Gubernur, Rohidin Mersyah dalam sambutannya di Rapat Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Bengkulu  (foto: ifan/pedoman)

BENGKULU, PB – Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, RohidiN Mersyah sangat yakin jika tingginya angka kemiskinan di Provinsi Bengkulu akan segera dituntaskan melalui sejumlah terobosan pembangunan yang telah dirancang belakangan ini.

Seperti terus membangun kekurangan infrastruktur, mengelola infrastruktur strategis yang telah ada, mengelola Sumber Daya Alam unggulan, memacu investasi di Bengkulu dan mengendalikan pintu masuk ekspor impor Bengkulu.

“Dari analisis kami, tingginya angka kemiskinan disebabkan oleh tingginya tingkat tenaga kerja Bengkulu yang berlatar belakang pendidikan SLTA kebawah sebesar 87,62 persen serta masih banyaknya desa tertinggal yaitu sebesar 48,64 persen dari jumlah desa yang ada. Namun, saya yakin, dengan terobosan yang kita buat sejak pembahasan APBP perubahan 2017 dan APBP Bengkulu 2018 ini, angka kemiskinan akan tuntas kita kendalikan,” ujar Rohidin dalam sambutannya di Rapat Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Bengkulu dengan acara memperingati HUT ke 49 Provinsi Bengkulu di Gedung DPR Provinsi Bengkulu, Sabtu (18/11/2017).

Disisi lain, Pemerintah Provinsi Bengkulu telah mulai berhasil mengurangi angka tingkat pengangguran.

Ini ditandai dengan turunnya angka pengangguran sebesar 3,74 persen dari tahun yang lalu sebesar 5,50 persen.

“Angka ini akan terus berkurang seiring dengan banyaknya terobosan kerjasama dengan pihak investor dan tenaga kerja luar untuk melaksanakan magang kerja di negara lain. Tentunya, untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja kita yang secara otomatis akan mengurangi angka pengangguran di Bengkulu,” ujar Rohidin.

Sementara itu, Ketua DPR Provinsi Bengkulu, Hasan Fajari Meminta agar pemerintah Provinsi bengkulu mempercepat pembangunan infrastruktur jalan tol serta rel kereta api Pulau Baai – Kota Padang guna menambah daya tarik investor berinvestasi di Bengkulu.

“Mari bekerjasama untuk memajukan Bengkulu melalui semangat Dirgahayu Provinsi Bengkulu ke 49,” ujarnya. (Ifan)