BENGKULU, PB – Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengajak seluruh elemen masyarakat Bengkulu untuk terus menumbuhkan harapan dan pengorbanan yang sejak dahulu menjadi pemantik semangat juang para pahlawan dalam mewujudkan kemerdekaan republik Indonesia.

Ini disampaikan Plt Gubernur dalam sambutannya sebagai Inspektur Upacara peringatan Hari Pahlawan di Halaman Kantor Gubernur Bengkulu, Jumat (10/11/2017) pagi.

“Hari Pahlawan yang kita peringati saat ini didasarkan pada peristiwa pertempuran terhebat dalam riwayat sejarah dekolonisasi dunia, yakni peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada dunia internasional, betapa segenap Rakyat Indonesia dari berbagai ras, suku agama, budaya dan berbagai bentuk patikularisme golongan melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak den menyerahkan hidupnya dan jiwa raganya,” ujar Plt Gubernur membacakan Amanat Menteri Sosial Republik Indonesia pada Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2017.

Dilanjutkan Plt Gubernur, Bung Karno pernah menegaskan jika bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormat jasa pahlawannya. Dalam setiap rangkaian perjuangan kepahlawanan yang membentuk Indonesia, rakyat mendapatkan pelajaran dari apinya perjuangan para pendahulu. Api yang menjadi suasana kebatinan dan pelajaran moral bagi semua, api yang membentuk terbangunnya persatuan Indonesia yaitu harapan dan pengorbanan.

“Bersama sama kita terus membangun harapan dan pengorbanan seperti para pejuang kita agar negara ini tetap bersatu, tumbuh dengan baik,” ujar Rohidin.

Pantauan wartawan, upacara berjalan khikmad dihadiri oleh seluruh unsur Muspida dan Muspika, pelajar serta mahasiswa se Provinsi Bengkulu. Usai upacara, acara dilanjutkan dengan tabur bunga ke Makam Pahlawan. [Ifan/Adv/MC Pemprov]