BANYUWANGI, PB – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, mengagumi semangat gotong royong yang dituangkan masyarakat Banyuwangi dalam penyelenggaraan event Banyuwangi Ethno Carnival (BEC).

Paun maharani mengatakan, dalam menggelar even sekelas BEC, Pemerintah Banyuwangi tanpa menggunakan event organizer (EO) sehingga tanpa ada budaya gotong royong, mustahil bisa menggelar event sebesar ini. Dan yang paling mecolok adalah peran dari budayawan, seniman, peserta dari seluruh penjuru Banyuwangi, TNI dan Polri serta masyarakat umum.

“Ini merupakan kreativitas energi masyarakat Banyuwangi, mulai dari budayawan, seniman, peserta dari seluruh penjuru Banyuwangi, TNI, Polri, hingga masyarakat umum, semuanya memiliki peran yang sama pentingnya, untuk event sekelas ini,” ungkap Puan Maharani, seperti dikutip dari situs rri, Minggu (12/11/2017).

Selain itu menurut Puan, sangat salut dengan antusiasme peserta dan penonton, karena meraka rela menyiapkan segalanya, mulai pagi, agar bisa tampil maksimal, dan bisa menghibur ribuan masyarakat yang menyaksiakan BEC.

“Saya sempat tanya mulai jam berapa menyiapkan diri untuk acara ini, ternyata sejak pagi, demikian juga penonton sangat ramai dan antusias meski setiap tahun digelar,” tambah Puan.

Sementara itu Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan BEC merupakan salah satu konsulidasi budaya, karena dengan BEC anak muda kenalkan dengan budaya daerah, kemudian dikolaborasi dena konsep modern melalui busana yang dipakai.

“Kami membangun kebanggan warga akan daerahnya, dengan begitu warga akan tergerak untuk ikut memberikan yang terbaik bagi Banyuwangi, salah satunya melalui busana yang mereka tampilkan hari ini,” ungkap Bupati Anas.

BEC merupakan parade busana kolosal yang menghadirkan 160 busana adikarya desainer lokal yang pada tahun ini mengangkat tema Majestic Ijen, yang terinspirasi dari keindahan Gunung Ijen Banyuwangi, pesona Ijen yang berupa blue fire atau api biru, belerang dan landscape yang mengelilinginya. [anr/ram]