BENGKULU SELATAN, PB – Unik, aneh tapi nyata. Ayam peliharan milik Marwin warga RT 01 Kelurahan Pasar Manna Kecamatan Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan ini berbeda dengan ayam pada umumnya.

Ayam jenis Bangkok Vietnam ini memiliki empat kaki dan dua anus. Menurut Marwin, yang juga menjabat Kabag Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan ini, ayam peliharaannya itu berumur dua bulan.

“Kakinya empat, kalau berjalan dengan keempat kakinya. Pahanya juga empat. Tapi tidak sama ukurannya. Dua sama besar, dua lagi sama-sama lebih kecil. Kalau anusnya itu keduanya sama-samanberfungsi mengeluarkan kotoran,” jelas Marwin, Senin (6/11/17).

Sambung Marwin, indukan ayam miliknya itu memang sudah tiga kali menetaskan anak ayam yang berkaki empat. Namun tidak bertahan lama. Paling lama bertahan sampai umur dua minggu.

“Nah kalau yang ketiga kalinya ini sampai berumur dua bulan, kalau dilihat dari ciri-ciri fisiknya ayam itu betina. Waktu menetas ada delapan ekor. Tujuh ekor lainnya normal seperti ayam kebanyakan ini,” tandas Marwin.

Jika ada yang berminat dan tertarik untuk memiliki ayam tersebut, dirinya berencana untuk menjual ayam peliharannya itu.

“Kalau ada yang mau memeliharanya saya siap jual. Atau misalkan ada yang butuh untuk obat, silahkan hubungi saya,” pungkas pria berkumis tebal yang hobi burung berkicau ini. [Apd]