JAKARTA, PB – Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke 46 memberikan penghargaan kepada sejumlah lembaga pemerintah. Wakil Bupati Kepahiang, Netty Herawati Latief, menjadi satu-satunya kepala daerah yang menerima penghargaan ini.

Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani melalui Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa, dan Kawasan Kemenko PMK Nyoman Shuida pada acara Sarasehan Internalisasi Revolusi Mental yang dilaksanakan di Gedung Badan Kepegawaian Nasional (BKN), Senin (27/11/2017).

Kepala Biro Umum Sekretariat Dewan Pengurus Korpri Nasional Ghozali Amirsyah menjelaskan, penghargaan ini diberikan kepada sejumlah lembaga pemerintah yang telah menunjukkan dedikasinya kepada korps abdi negara tersebut.

“Penghargaan ini diberikan kepada lima lembaga. Diantaranya Kementerian Pertanian, Badan Kepegawaian Negara, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten Kepahiang dan Pemerintah Kota Sorong. Masing-masing mewakil Kementerian, Lembaga Non Kementerian, Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota,” katanya saat diwawancara.

Staf Ahli Menko PMK Bidang Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Ekonomi Kreatif Sidqy Lego Pangesthi Suyitno mengatakan, organisasi Korpri memiliki peran yang strategis khususnya dalam menjadi garda utama mengimplementasikan Gerakan Nasional Revolusi Mental.

“Jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang saat ini lebih dari 4,5 juta anggota merupakan potensi strategis dalam Gerakan Revolusi Mental,” jelasnya.

Selain itu, tambahnya, hal lain yang juga harus terus dilakukan oleh Korpri adalah perubahan pola pikir (Aparatur Sipil Negara) ASN untuk memberikan pelayanan yang berkualitas.

“Salah satu upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik harus kita mulai dari aspek yang paling mendasar, yaitu perubahan pola pikir dan kerja ASN untuk menjadi pelayan rakyat dalam pemenuhan hak-haknya,” ujarnya.

Wakil Bupati Kepahiang, Netty Herawati Latief, mengatakan, penghargaan ini bisa diperoleh berkat kerja bersama Pemerintah Kabupaten Kepahiang dalam mewujudkan para abdi negara yang profesional, berdedikasi dan berjiwa melayani.

“Di Kepahiang upaya untuk meningkatkan kinerja Aparatur Sipil Negara terus kita tingkatkan. Kita akan selalu memberikan dukungan kepada Korpri agar selalu dapat mempersembahkan yang terbaik bagi masyarakat,” ungkap adik kandung John Latief ini.

Netti juga mengimbau kepada ASN di daerah untuk mendukung Inpres Presiden Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2016 tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental.

“Kita akan terus mendukung gerakan tersebut dan tentu saja keterlibatan kepala daerah beserta seluruh ASN terutama di Kepahiang menjadi penting,” imbuh orangtua dari anggota DPD RI Riri Damayanti John Latief itu.

Acara Sarasehan Korpri Tingkat Nasional ini dihadiri oleh Pejabat tinggi di lingkungan Korpri dan Kemenko PMK di antaranya Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional (DPKN) Zudan Arif Fakhrulloh dan Sekretaris Jenderal DPKN yang juga menjabat Kepala BKN Bima Haria Wibisana.

Selain itu, hadir juga pengurus Korpri dari berbagai daerah seperti Yogyakarta, NTT, Gorontalo, Bengkulu dan lainnya. Melalui Sarasehan Internalisasi Revolusi Mental ini diharapkan dapat terwujud sikap mental pelayanan publik sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa bagi anggota Korpri. [Gayatri Sukarti]