BENGKULU, PB – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memfasilitasi kegiatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk berkembang lebih tinggi.

Agar naik kelas, para pelaku UMKM diajak meningkatkan pengetahuan, keterampilan, pengembangan publikasi usaha secara kreatif .

Salah satu upaya itu dilakukan yakni dengan cara melakukan Bimbingan Teknis Pengembangan Publikasi Produk Kreatif, kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 15-16 Desember 2017 di Hotel Santika Bengkulu.

“Kami lakukan peningkatan skil publikasi ini ke UMKM kreatif di Provinsi Bengkulu. Seperti kegiatan memberikan bimbingan teknis publikasi, agar publikasi ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para UMKM memasarkan produknya dengan cara murah namun tepat sasaran,” ujar Direktur Pengembangan Pasar Dalam Negeri Bekraf, Syaf Syiraih, Jum’at (15/12/2017).

Baca juga : Bengkulu Menyongsong Kawasan Ekonomi Khusus

Bimbingan Teknis Pengembangan Publikasi Produk Kreatif ini dilakukan dalam rangka memberikan pembekalan kepada pelaku usaha kreatif dalam menciptakan brand produk sehingga mudah dikenal dan diterima oleh masyarakat serta mampu mempromosikan, mempublikasikan, membrandingkan produknya ke tengah-tengah masyarakat tanpa harus biaya mahal.

“Inti dari pemasaran ini sebenarnya promosi, publikasi dan branding, tujuan ini bukan hanya sekedar publikasi, melainkan agar teman-teman mampu terbuka cakrawala pikiranya. Bahwa publikasi promosi tidak hanya melalui media spanduk, slayer ataupun itu yang membutuhkan biaya besar. Namun cukup gunakan media sosial seperti icommer yang ada di Facebook, Instagram dan Twitter,” urainya.

Dalam agenda ini peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini, berbagai daerah peserta tampak hadir memadati gedung Hotel Santika Bengkulu seperti daerah Kabupaten Mukomuko, Seluma, Kaur, Rejang Lebong, Bengkulu Utara, serta kabupaten/kota lainnya. [Antonio Wijaya]