Published On: Kam, Des 14th, 2017

Celimpungan, Kuliner yang Tak Akan Buat Kelimpungan

PALEMBANG bisa dibilang surganya kuliner. Selain pempek, bermacam kuliner tersedia di kota ini.

Dari sekian ragam kuliner tersebut, ada satu nama kuliner yang namanya cukup unik, yakni celimpungan.

Celimpungan adalah makanan yang berbentuk seperti bakso ikan dan berkuah santan kental. Bahan membuat celimpungan sama halnya dengan membuat adonan pempek.

Lihat juga : Laksan Pempek Owen, Masakan Palembang yang Sayang Bila Tak Dicicipi

Terbuat dari ikan segar dan tepung sagu. Namun bedanya ada pada bentuk dan kuahnya. Jika pempek berkuah saus cuka, maka celimpungan berkuah santan kental yang telah dicampur rempah-rempah, celimpungan berbentuk menyerupai bola yang tidak beraturan.

Berdasarkan keterangan Alamsyah, Owner Pempek Owen, nama celimpungan sendiri diambil dari kata cemplung. Dimana pada saat memasukkan bakso ikan kedalam kuah santan yang mendidih menimbulkan suara ‘plung’. Akhirnya bakso ikan ini dinamakan dengan celimpungan.

“Untuk semakin menambah rasa nikmat saat menyantap makanan satu ini, biasanya ditambahi dengan taburan bawang goreng, potongan lontong, dan kerupuk ikan. Bagi yang menyukai rasa pedas, biasanya ditambahkan dengan sambal,” ungkap Alamsyah, Kamis (14/12/2017).

Baca juga : Nasi Minyak Samin, Kuliner Khas Kesultanan Palembang yang Tersaji di Pempek Owen

Celimpungan baik disantap kapan saja. Jika lebaran tiba, kuliner satu ini biasanya paling diburu selain pempek.

Untuk mencicipi celimpungan di kota Bengkulu tidaklah sulit. Karena celimpungan tersedia di Pempek Owen yang beralamat di Jalan S Parman Nomor 37 Simpang Skip Kota Bengkulu, disini celimpungan ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau.

Penasaran bukan?

Ayo segera kunjungi Pempek Owen. Outlet ini buka setiap hari sejak pagi hingga malam hari. Info lebih lanjut bisa menghubungi nomor 0736 7313571 dan 0811719054. [Nurhas Bunaida]