Taman Bunga di Danau Mas Harun Bastari. [Foto PT Alesha Wisata]
REJANG LEBONG, PB – Objek Wisata Danau Mas Harun Bastari (DMHB) terletak di Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong. Terletak 17 kilometer dari Kota Curup, danau ini berada di pinggir jalan raya antara kota Curup dengan Kota Lubuk Linggau.

“Sangat mudah dijangkau dengan berbagai jenis kendaraan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Rejang Lebong, Henny Kurniaty SE MM, kepada Pedoman Bengkulu, Selasa (12/12/2017).

Baca juga : Danau Mas Harun Bastari, Cekungan Bumi yang Dikelilingi Bukit Hijau Nan Asri

Henny menjelaskan, Danau Mas Harun Bastari ini merupakan kawasan otoritas khusus wisata. Dengan luas 3.600 m², keadaan topografi objek wisata ini berada di tengah perbukitan, menambah keindahan panorama alam danau.

“Kawasan ini juga merupakan salah satu objek wisata yang sangat diandalkan di Kabupaten Rejang Lebong menjadikan lokasi objek wisata ini sebagai pintu gerbang pariwisata Rejang Lebong,” paparnya.

Danau Mas Harun Bastari dilihat dari ketinggian. [Foto RLTourism]
Kepala Bidang Kemitraan dan Kelembagaan Pariwisata pada Dinas Pariwisata Rejang Lebong, Taslim SSos, memaparkan, sarana dan prasarana objek wisata ini sudah sangat memadai.

“Sudah ada pos penjagaan, toilet umum, Musholla, tempat parkir, taman bermain anak-anak, kantin dan aula,” bebernya.

Lihat juga : 2018, DMHB Makin Cantik

Guna mengelilingi danau, tambahnya, Dinas Pariwisata Rejang Lebong telah menyiapkan penyewaan perahu.

Untuk diketahui, DMHB merupakan salah satu objek wisata yang masuk dalam kerja besar promosi visit Bengkulu Wonderful 2020. Salah satu event yang akan digelar di danau ini adalah Garden Flower Festival. [Ifan Salianto/Advetorial]