BENGKULU, PB – Minimnya jumlah ketersediaan darah di Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Bengkulu belakangan menggelitik pasangan Bakal Calon (paslon) Walikota dan Wakil Walikota Mayor Inf David Suardi-Bakhsir.

Bersama Komunitas Berbagi Kebaikan dan Komunitas Relawan Darah Bengkulu Muda, Paslon David-Bakhsir berencana untuk membantu PMI Bengkulu memenuhi kebutuhan darah bagi warga terkena musibah yang terus meningkat jumlahnya setiap hari.

“Ada dua agenda yang kita bicarakan hari ini bersama teman teman Komunitas Berbagi Kebaikan dan Komunitas Relawan Darah Bengkulu Muda terkait niat kita untuk secara sukarela membantu PMI Bengkulu menjaring pendonor darah,” ujar Mayor Inf David Suardi saat ditemui di kawasan Simpang Lima Ratu Samban depan Taman Smart City, Minggu (17/12/2017).

Lihat juga : Kandidat Independen, Mayor David Jaga Komunikasi Baik dengan Seluruh Parpol

Dijelaskan David, pihaknya akan membantu PMI Bengkulu untuk menjaring rekan-rekan dunia usaha untuk ikut perduli mengenai minimnya ketersediaan darah di Bengkulu.

Caranya, pelaku dunia usaha diajak untuk bekerjasama menjadi motivator bagi warga yang akan mendonorkan darahnya dengan cara menyediakan kupon bagi si pendonor sesuai dengan bidang usaha yang ditekuni.

“Sebagai contoh, pemilik rumah makan. Kita akan ajak mereka kerjasama untuk menyediakan kupon makan satu porsi secara gratis bagi warga yang mendonorkan darah. Kami rasa itu tidaklah berat bagi rekan rekan pengusaha. Begitu juga pengusaha lainnya seperti bengkel resmi honda ataupun yamaha, mereka bisa memberikan bantuan berupa kupon gratis servis motor bagi si pendonor,” jelas David.

Disambung David, bantuan seperti inilah yang akan diberikan pihaknya kepada PMI Bengkulu. Sehingga, menarik minat warga untuk mendonorkan darahnya ke unit Transfusi Darah PMI Bengkulu.

“Bentuknya motivator aja. Pendonor akan mendapatkan kupon kupon hasil kerjasama kami dengan pelaku usaha. Terserah kapan si pendonor akan menggunakan kupon tersebut. Bisa langsung usai mendonor atau ke esokan harinya,” terang David.

Selain itu, tambah David, jika tidak ada aral melintang, Selasa (119/12) mendatang pihaknya akan menggelar sosialisasi pentingnya ‘Donor Darah’ di SMK 3 Bengkulu.

“Kita akan menampilkan sejumlah narasumber dari Dinas Kesehatan serta sejumlah Motivator soal Donor Darah. Kita akan mengajak dan menularkan kegiatan positif donor darah dikalangan remaja dan pelajar untuk rutin mendonorkan darah ke PMI Bengkulu,” terang David. [Ifan Salianto]