BENGKULU, PB – Ada pemandangan tak biasa di sepanjang jalan protokol Kota Bengkulu. Pohon-pohon yang ada di median jalan raya tersebut telah dibaluti batik kain besurek.

Lihat juga : Kopi Terbaik Nusantara Meriahkan Even Karnaval Batik Internasional, Gratis!

Warna-warni corak kain yang menutupi tubuh pohon itu membuat pemandangan makin segar dan indah. Pohon-pohon berkulit keriput tersebut tampak cantik dan sedap dilihat.

Disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Kota Bengkulu Syarifuddin, solekan batik besurek pada pohon-pohon tersebut merupakan upaya pemerintah untuk mempercantik kota. Ini merupakan rangkaian program Karnaval Batik Internasional yang akan diselenggarakan tak lama lagi.

“Sama seperti tahun lalu, seluruh pohon yang ada di sepanjang jalan kota kita hiasi,” ungkapnya kepada Pedoman Bengkulu, baru-baru ini.

Tak hanya pohon-pohon saja yang diberi ornamen batik besurek, Syarifuddin menyampaikan, seluruh instansi juga diminta untuk menghiasi ruangannya dengan ornamen batik. Bentuknya sendiri bisa beragam, bisa lampion atau stiker tempelan.

“Sesuai dengan edaran yang telah kita sampaikan, seluruh perkantoran diimbau untuk memasang ornamen batik,” ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, pada pelaksanaan karnaval seluruh masyarakat Bengkulu juga diminta mengenakan pakaian batik besurek. Tujuannya, agar karnaval yang digelar pemkot kian meriah.

“Seluruh pegawai, karyawan, dan masyarakat kota kita imbau untuk menyukseskan kegiatan besar ini dengan turut mengenakan pakaian batik,” sampainya.

Sementara itu, Ketua RT 3 Kampung Kelawi Shinta Evilina mengapresiasi kegiatan karnaval tersebut. Menurutnya event tersebut bisa membuat batik besurek makin populer.

Baca juga : Kedubes Rusia Siap Sukseskan Karnaval Batik Besurek Internasiona

“Pohon-pohon yang dibaluti batik ini jadi makin tampak cantik dan tertata rapi,” kata dia. [Tedi Cahyono]