Published On: Sen, Des 4th, 2017

Dubes Kamboja Kagumi Leadership Walikota Helmi Hasan

Ini Kata Para Dubes tentang Kopi, Batik, dan Pantai Panjang Kota Bengkulu

BENGKULU, PB – Pemerintah Kota Bengkulu tengah gencar-gencarnya mempromosikan Potensi Wisata Kota Bengkulu. Dalam rangkaian Karnaval Hari Kain Batik Basurek, Walikota Helmi Hasan, secara langsung mempromosikan Kopi, Batik Dan Wisata Pantai Panjang kepada Duta Besar (Dubes) Kamboja Hor Nam Bora, Perwakilan Dubes Rusia Sergey Dubrovsky, dan Dubes Iran Valiollah Mohammadi, di Area acara ngopi bersama Walikota di Pantai Panjang, Senin (4/12/2017).

Even yang digagas Walikota Helmi Hasan ini ternyata mendapat respon positif oleh para Dubes yang hadir. Mereka merasa kagum dengan potensi obyek wisata Pantai Panjang termasuk kopi dan batik khas bengkulu, Batik Besurek.

Lihat juga : Dipinang Cagub Lampung dan Jawa Barat, Ini Jawaban Helmi Hasan

“Kita bisa menukar pengalaman dan pengetahuan dari segi design dan pewarnaan batik, dikarenakan ciri khas Batik Bengkulu memiliki banyak kesamaan dengan Batik Iran. Dan mengenai Kopi, kita akan memasarkan Kopi Robusta Bengkulu di negara kami,”kata Dubes Iran Valiollah Mohammadi.

Dirinya juga menyampaikan sedikit sejarah hubungan antar negara. “Kita memiliki akar sejarah silahturahmi yang panjang antar ke dua negara, saudagar-saudagar Persia dahulu banyak berdagang ke Indonesia. Lebih dari 350 kata bahasa Persia dipergunakan dalam bahasa Indonesia,” ungkapnya.

Pujian terhadap Kota Bengkulu juga disampaikan oleh Dubes Rusia Sergey Dubrovsky, dirinya mengungkapkan kehadirannya selain untuk menghadiri Even Karnaval Batik Internasional, dirinya juga ingin mengetahui Potensi Ekspor, Komoditi, dan Wisata di Bengkulu.

“Bengkulu memiliki cuaca sangat baik sekali. Sudah ada Water Activity, seperti Snorkling dan Diving di Pantai Bengkulu,” imbuh Sergey.

“Kopi Bengkulu sudah saya coba, sangat nikmat, ini bisa di ekspor ke Rusia. Saya berharap banyak orang Rusia mau ke sini setelah saya. Saya mengimbau pemerintah memperhatikan Infrastruction For Tourism seperti Hotel-Hotel agar dijadikan prioritas,” sambungnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Dubes Kamboja Hor Nam Bora yang merasa kagum terhadap Leadership, Strategy, Promotion, dan Lobby Walikota Helmi Hasan.

“Sejak kemaren saya perhatikan Kota Bengkulu sangat beruntung, mempunyai pemimpin yang punya kepedulian dan kreatifitas. Kota ini sangat bersih sekali. Lobi yang bagus untuk mengundang kami para Dubes ke sini,” ungkap Hor Nam Bora.

Dirinya menyarankan, di even yang sama tahun depan. Pemerintah Kota Bengkulu dapat mengundang 10 negara Asean untuk datang ke Bengkulu.

“Semua negara di Asean memiliki ciri khasnya sendiri, dan kita bisa saling mengenal budaya masing-masing melalui even Karnaval Batik Internasional ini,” ujar Hor Nam Bora.

Untuk diketahui, Kegiatan Coffe Morning Bersama Walikota ini merupakan hari pertama dalam rangkaian Karnaval Hari Kain Basurek Kota Bengkulu ke 4 dan Karnaval Batik Internasional. Ada 1500 cup kopi gratis dengan kualitas premium disiapkan oleh Pemerintah Kota Bengkulu bekerjasama dengan komunitas pecinta kopi. Ribuan warga tampak antri untuk Minum Kopi Pagi bersama, beberapa Stand Kopi dipenuhi oleh masyarakat, di antaranya stand konakito, Barracas Bistro, Edu Coffe, dan XL CL Coffe Lab. [Rilis/Media Center Kominfo Kota Bengkulu]

195 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

iklan khusus