BENGKULU, PB – Bencana alam kembali menimpa masyarakat Kabupaten Lebong. Kali ini, gempa bumi tektonik diperkirakan berkekuatan 5,1 Skala Ritcher (SR) terjadi sekitar pukul 03.46 WIB Rabu (6/12).

Akibat gempat ini, empat rumah warga dan satu masjid bernama Masjid Agung Abdullah di Desa Taba Baru Kecamatan Lebong Atas, Kabupaten Lebong, rusak.

Tidak ada korban jiwa yang timbul, namun warga mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah.

Simak juga : Tips Antisipasi Gempa Bumi

Data terhimpun Pedoman Bengkulu, empat warga pemilik rumah yang rusak akibat gempa diantaranya rumah milik Isman, Ali Mardinus, rumah Rafik dan rumah Riskan.

“Jumlah itu baru yang sudah terdata. Kemungkinan masih ada rumah warga lain yang mengalami kerusakan. Kebanyakan dinding rumah yang ambrol. Sampai pukul 05.00 WIB tadi, warga masih melakukan evakuasi dibantu Babinsa dan Babinkamtibmas setempat,” ujar Hendri, warga setempat.

Lihat juga : Analisis BMKG: Bengkulu Kawasan Paling Aktif Gempa Bumi

Sementara itu, dari hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi berkekuatan 5,1 SR di wilayah Lebong itu berada di darat, yaitu koordinat episenter pada 3,18 lintang selatan dan 102,11 bujur timur. Tepatnya sekitar 12 KM arah barat daya Kota Muara Aman, Lebong. Pusat gempa berada di kedalaman 10 KM. [Ifan salianto]