JAKARTA, PB – Cuaca ekstrem akibat siklon tropis Dahlia diprediksi terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia dalam 2 hari ini. Konvergensi siklon tropis Dahlia itu kini memanjang dari Samudera Hindia hingga Kalimantan Barat. Kendati demikian, pemerintah sudah menyiapkan segala sesuatu penanganannya sebagai langkah antisipasi.

Menko PMK Puan Maharani menyebutkan Pemerintah sudah mengambil langkah-langkah penanggulangan bencana dan juga antisipasi bencana sejak awal. Bahkan, tidak hanya dampak yang ditimbulkan oleh ancaman siklon tropis Dahlia dan siklon Cempaka, namun juga dampak erupsi gunung Agung.

“Contohnya erupsi Gunung Agung, kita siapkan sejak awal tempat pengungsian, konsumsi bagi pengungsi, termasuk layanan imigrasi bagi wisatawan mancanegara yang sedang ada di Bali,” ujar Puan, di Kantor Kemenko.

Lihat juga : Muncul Siklon Tropis Dahlia, Waspadai Cuaca Ekstrem di Bengkulu

Puan menjelaskan bahwa antisipasi terhadap bencana harus dilakukan sejak awal. Termasuk soal tugas masing-masing instansi, siapa melakukan apa. Karena itu, ketika bencana terjadi respon dan penanganan yang dilakukan pun akan cepat.

“Kita koordinasi antarinstansi dan kesiapan dari setiap kementerian dan lembaga dalam mengantisipasi maupun menanggulangi bencana. Baik banjir, longsor maupun erupsi Gunung Agung Bali,” jelas Puan.

Sebelumnya, Kepala Bagian Humas BMKG Harry Tirto Djatmiko menyebutkan konvergensi berbentuk memanjang di Samudera Hindia Barat, Bengkulu, dan dari Kepulauan Riau hingga Kalimantan Barat.

Akibat kondisi itu hujan lebat disertai angin kencang dan petir diprediksi terjadi di sejumlah wilayah sepanjang Minggu – Senin (4/12). Wilayah tersebut di antaranya Sumatera dan Indonesia bagian timur.

“Hujan badai berpotensi di wilayah Aceh, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, dan Papua,” lajut Harry.

Kondisi serupa juga akan terjadi pada Senin (4/12) di wilayah tersebut. Selain itu angin kencang diprediksi akan terjadi di wilayah Sumatera dan Jawa.

Kondisi serupa juga diprediksi terjadi di Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Siklon tropis Dahlia juga berdampak pada tingginya gelombang laut. Gelombang setinggi 2,5 hingga 4 meter diprediksi terjadi di perairan perairan selatan Sumatera, Jawa, hingga NTB.

“Gelombang tinggi di perairan Barat Kepulauan Simeulue Mentawai, Samudera Hindia barat Sumatera, perairan selatan Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Samudera Hindia selatan Jawa hingga NTB,” pungkasnya. [anr/ram]

Foto istimewa