SELUMA, PB – Organisasi Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Seluma, melaksanakan lomba akustik tingkat pelajar dan umum se-provinsi Bengkulu dalam rangka memperingati hari HIV/AIDS se dunia.

Acara dilaksanakan di lapangan taman kota Kelurahan Talang Saling kecamatan Seluma, Sabtu (02/12/2017).

Sekretaris PMI Kabupaten Seluma Diel Andika mengatakan, tujuan kegiatan ini yaitu sebagai wadah para pemuda Seluma untuk peduli kepada sesama. Khususnya penderita HIV/AIDS atau ODHA.

“Peduli dalam hal ini yaitu peduli terhadap orangnya,” kata Diel kepada Pedoman Bengkulu.

Selain lomba akustik tambah dia, juga dilaksanakan lomba body painting tingkat remaja, donor darah serta orasi dan aksi.

“Nanti ada aksi dan orasi. Temanya Stop Diskriminasi ODHA, jauhi penyakitnya bukan orangnya,” jelas Diel.

Wakil Ketua I DPRD Seluma, Ulil Umidi dalam sambutannya mengatakan, DPRD Kabupaten Seluma siap membantu menganggarkan untuk penanganan penderita HIV/AIDS di kabupaten Seluma.

Namun, dibutuhkan dorongan dari para pemuda dan organisasi yang membidangi.

“Kami akan berjuang dalam pembahasan KUA-PPAS, membantu anggaran untuk penderita HIV/AIDS di Kabupaten Seluma. Saya ingatkan kepada saudara sekalian, kalau ada penderita HIV/AIDS jangan di jauhi tapi dekati, beri dia nasihat,” tegas Ulil.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Pengendalian Penyakit Menular (P2M) Dinas Kesehatan (Dinkes) Seluma, Fachrozan menyebutkan, penyebab meningkatnya penderita HIV/AIDS salah satunya karena adanya diskriminasi sehingga menyebabkan penderita putus asa.

“Informasi yang beredar selama ini tidak ada yang benar. Kalau mau tahu tentang HIV/AIDS tanya langsung ke petugas yang membidangi,” ujar Dia.

Fachrozan meminta agar para pemuda di Kabupaten Seluma sadar HIV/AIDS. Dia juga meminta agar HIV/AIDS tidak dikaitkan dengan seks bebas dan narkoba.

“Mulai hari ini jangan pernah menyebut penyakit HIV/AIDS. Jangan kaitkan dengan seks bebas. Karena penderita HIV/AIDS Mayoritas bukan pelaku seks bebas dan bukan pengkomsumsi narkoba,”tandasnya.

Peserta lomba akustik sebanyak 12 peserta. Yang terdiri dari sejumlah pelajar di kabupaten Seluma dan pelajar dari Kota Bengkulu.
Diketahui, Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma mencatat, penderita HIV/AIDS tahun 2017 ini sebanyak 61 orang.

Data ini, diperoleh dari laporan masyarakat, laporan dari Puskesmas dan temuan petugas di lapangan. [Sepriandi]