pelatihan peningkatan kapasitas tenaga Pendamping Lokal Desa (PLD) Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) tahun 2017, di salah satu hotel kawasan Pantai Pajang, Rabu (20/12/2017).

BENGKULU, PB – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu Nopian Andusti meminta agar pemerintah daerah (Pemda) proaktif untuk memonitoring serta membimbing perangkat desa dalam mengelola Dana Desa (DD) yang ada di wilayahnya masing-masing.

Hal ini mengingat masih banyaknya temuan penggunaan DD yang tidak tepat sasaran.

“Sangat disayangkan jika kucuran dana pemerintah pusat yang sangat besar ini digunakan tidak tepat sasaran,” ujar Nopian saat saat menutup secara resmi pelatihan peningkatan kapasitas tenaga Pendamping Lokal Desa (PLD) Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) tahun 2017, di salah satu hotel kawasan Pantai Pajang.

Ditambahkan Novian, disisi lain, temuan itu juga terjadi sebagai dampak dari kurangnya koordinasi antar provinsi dan kabupaten. Sehingga, tidak adanya pengawasan terhadap perangkat desa dalam mengelelola DD tersebut. “Jadi jangan salahkan mereka, tapi sejauh mana kita membimbing dan membina mereka (Kepala desa dan perangkatnya) dalam pengelolaan Dana Desa, kalau belum maksimal artinya kita yang salah,” tegas Nopian.

Tak hanya pengelolaan DD saja yang tidak tepat sasaran, sambung Novian, melainkan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) masih juga ditemukan pengelolaan BUMDES yang tidak tepat sasaran.

“Untuk itulah, melaui adek-adek pendaping lokal desa inilah, mari kita dampingi perangkat desanya dalam pengelolaan dana desanya,’’ kata Nopian Andusti, yang baru dilantik menjadi Sekda Provinsi Bengkulu Definitif pada tanggal 18 Desember 2017 lalu.

Data terhimpun Pedoman Bengkulu di lokasi, pelatihan ini dilaksanakan selama 7 hari. Terhitung sejak tanggal 14 hingga 20 Desamber 2017 yang diikuti oleh 290 peserta dari seluruh kabupaten Provinsi Bengkulu.

Pelatihan dilakukan untuk melatih kembali para tenaga PLD yang telah bertugas dilapangan, guna mengetahui kembali dasar-dasar pengetahuan tentang pemberdayaan masyarakat. [Ifan Salianto]