BENGKULU UTARA, PB – Pada momentum berakhirnya tahun 2017 salah seorang seniman dari kota Arga Makmur, Deki Afinal (45) melakukan hal yang berbeda dari masyarakat pada umumnya, jika biasanya perayaan pergantian tahun dilaksanakan dengan pesta hiburan dan kumpul bersama keluarga. Deki, pemilik usaha percetakan Dodi Letter tersebut memilih merayakannya dengan melakukan napak tilas tempat bersejarah di Pulau Jawa.

“Kegiatan Napak Tilas diakhir tahun ini dilakukan sebagai upaya meneladani dan mengenang jasa para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raga mereka demi kemerdekaan Indonesia,” ungkap Deki, Minggu (31/12/2017).

Deki menambahkan, bapak tilas ini untuk lebih mengenalkan dan memberikan wawasan kepada masyarakat dan keluarga.

Ia berharap perjalannnya dapat memberikan motivasi kepada masyarakat dan anak muda pada khususnya untuk lebih memperkuat idealisme dan nasionalisme yang harus tertanam pada generasi muda.

Deki mengawali perjalanannya dengan mengunjungi makam presiden pertama RI Ir. Soekarno di Blitar, kemudian ke Candi Borobudur di Magelang, lanjut ke Keraton Ratu Balqis atau Ratu Boko di Sleman.

Napak tilas berlanjut ke Keraton Imogiri di Yogyakarta, Makam sunan kudus Kota Kudus-Simpang Lima Kota Semarang-Lawang Sewu (Pusat kerajaan bangsa lembut) di Semarang, terakhir Deki mengunjungi makam Presiden RI ke 2 Soeharto. [Evi Kusnandar]